Selasa, 11 Oktober 2011

ILMU KOMPUTER

KOMPONEN PC
Komputer pribadi (PC) pada dasarnya adalah gabungan dari beberapa perangkat keras yang dirakit (assembly) menjadi satu kesatuan. Semua perangkat keras yang digunakan untuk membentuk sebuah komputer pribadi (PC) itulah yang disebut Komponen PC. Secara umum ,Komponen PC dapat dikategorikan berdasarkan kebutuhannya menjadi dua, yaitu komponen utama adalah perangkat keras yang harus ada untuk membangun sebuah PC. dan komponen tambahan adalah perangkat keras yang tidak mutlak dibutuhkan oleh PC. Tanpa perangkat keras ini sebuah PC tetap dapat digunakan dengan normal.
1.      Motherboard
Motherboard adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai wadah/tempat untuk menghubungkan berbagai perangkat keras menjadi satu kesatuan sehingga dapat disebut sebagai PC
Kondisi yang perlu diperhatikan dalam motherboard adalah suhu dan fungsionalitas sistem itu sendiri. Untuk suhu dapat diketahui dari hardware monitor atau mengunakan tool bawaan motherboard. Sedangkan untuk fungsionalitas sistem dapat diketahui dengan melihat tampilan hasil pada device manager.

2.      Hard Disk
Harddisk adalah perangkat keras yang berguna untuk menyimpan data-data secara permanent
Kondisi hard disk dapat dilihat dari dua sisi yaitu software dan hardware. Namun untuk keakuratan dan ketepatan lebih baik jika digunakan software. Dari sisi hardware hanya dapat diketahui kondisi hard disk jika sudah mengalami gejala kerusakan yaitu dari suara hard disk yang mulai berisik saat diakses. Sedangkan dari sisi software dapat diketahui kondisi hardware secara lebih mendalam meliputi kondisi ruang kosong hard disk, fragmentasi file, dan ada tidaknya bad sector pada hard disk. Untuk mengetahui kondisi hard disk dapat digunakan tool yang sudah tersedia dalam sistem operasi windows, yaitu scandisk dan disk defragmenter.
3.      Floppy Disk
Floppy disk adalah sebuah media penyimpanan disk terdiri dari disk media penyimpanan magnetik tipis dan fleksibel, disegel dalam suatu pembawa plastik persegi panjang dilapisi dengan kain yang menghilangkan partikel debu. Mereka dibaca dan ditulis oleh disk drive floppy (FDD).
Diciptakan oleh IBM, disket di 3,5-inch (89 mm), 5,25 inci (133 mm) dan 8-inci (200 mm) bentuk adalah bentuk di mana-mana penyimpanan data dan pertukaran dari pertengahan 1970-an hingga 2000-an.
Sementara floppy disk drive masih memiliki beberapa kegunaan yang terbatas, terutama dengan warisan peralatan komputer industri, mereka telah digantikan oleh metode penyimpanan data dengan kapasitas jauh lebih besar, seperti USB flash drive, portable hard disk drive eksternal, cakram optik, kartu memori, dan komputer jaringan.
Cakram liuk atau disket (bahasa Inggris: floppy disk) adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang.
Cakram liuk "dibaca" dan "ditulis" menggunakan kandar cakram liuk (floppy disk drive, FDD). Kapasitas cakram liuk yang paling umum adalah 1,44 MB (seperti yang tertera pada cakram liuk), meski kapasitas sebenarnya adalah sekitar 1,38 MB.

4.      CD / DVD Room
CD/DVD Drive adalah perangkat keras yang fungsinya untuk menjalankan (membaca) data yang ada di kepingan CD/DVD. Sedangkan CD/DVD Burner merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk membakar (menulis) data ke dalam kepingan CD/DVD.
Untuk mengetahui kondisi CD ROM atau CD RW masih baik atau tidak, dapat dilakukan dengan memasukkan CD. Dengan memperhatikan kecepatan membaca file dan suara yang dihasilkan ketika membaca sebuah CD dapat diketahui CD ROM atau CD RW masih baik atau tidak. Suara yang bising dan kadang ada suara “krak” perlu diperhatikan kondisi dari CD-ROM atau CD-RW sudah mengalami gejala kerusakan pada bagian mekanik. Sedangkan jika CD mengalami gangguan ketika membaca CD dapat diakibatkan oleh optik kotor atau mengalami kerusakan.

CARA INSTALASI WINDOWS KOMPUTER
( WINDOWS XP )
Windows XP adalah suatu sistem pengoperasian (operating system) yang paling banyak dipakai sampai saat ini karena selain kemudahan dalam pemakaiannya Windows XP digunakan sebagai standarisasi pembelajaran yang di pakai oleh sekolahan-sekolahan dan perguruan tinggi pada umumnya.Ada beberapa jenis windows xp diantaranya windows xp professional, Home Edition, Media Center Edition, Tablet PC Edition, Starter Edition, Professional x64 Edition, Professional 64-bit Edition For Itanium. Berikut langkah-langkah yang mudah dan lengkap cara menginstal windows xp :
1.      Siapkan CD WINDOWS XP
2.      Siapkan CD DRIVER MOTHERBOARD
3.      Atur bios terlebih dahulu agar prioritas bootingnya dimulai dari CD(DVD)-ROM, caranya:
a.       Masuk ke BIOS dengan menekan tombol Del, atau F1, atau juga F2.
Pilih menu Advanced Settings, kemudian carilah ‘Boot Priority’ atau yang sejenis.
b.      Ubah pengaturanya, agar CDROM jadi urutan yang pertama kemungkinan pilihan ini ada 2 jenis
·         menu ‘First boot priority’, ‘Second boot priority’ dll: Aturlah ‘First boot priority’ ke ‘CDROM’ dengan menekan tombol PgDn/Pgup (Page Down/Up) atau +/-.Atur juga ‘Second boot priority’nya ke HDD0/HDD1.
·         Jika menunya ‘Boot priority’: atur ke ‘CDROM, C, A’ atau ‘CDROM, C, A.
c.       Dengan menekan tombol PgDn/Up.
4.      Tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan "press any key to boot from CD"
5.      Tekan ENTER atau sembarang tombol, lalu proses instalasi akan mengecek hardware komputer anda, kemudian akan muncul tulisan "windows setup"
6.      Lalu file-file di dalam cd akan di load ke dalam komputer, kemudian akan muncul tampilan "welcome to setup"
7.      Tekan "ENTER" untuk menginstal windows xp, "R" untuk repair system windows yang sebelumnya pernah terinstal, "F3" untuk keluar dari proses instalasi, lalu akan muncul (End User Licese Aggrement)
8.      Tekan "F8" kemudian proses instalasi akan mencari dan membaca partisi hardisk anda, kemudian akan muncul semua partisi hardisk anda.
9.      Tekan "ENTER" untuk langsung menginstal windows, "C" untuk membuat partisi hardisk anda, kapasitas partisi sesuai dengan kebutuhan anda, dalam satuan MB, selanjutnya jika anda membuat partisi dengan menekan tombol "C".
10.  Kemudian tuliskan kapasitas partisi yang ingin anda buat.
11.  Kemudian tekan "ENTER"
12.  Kemudian pilih "format the partition using the NTFS file system (Quick)" atau "format the partition using the NTFS file system (Quick)" lalu tekan "ENTER"
13.  Kemudian arahkan pointer pada posisi "unpartitioned space", lalu tekan "C"
14.  Setelah selesai format, kemudian windows akan ,menyalin file untuk proses instalasi.
15.  Setelah proses penyalinan selesai, secara otomatis komputer akan melakukan restart.
16.  Setelah itu akan muncul loading windows.
17.  Selanjutnya proses instalasi windows di mulai .
18.  Langsung klik "NEXT" 20.
19.  Isi nama dan organisasinya, lalu tekan "NEXT"
20.  Masukan serial nombernya, kemudian tekan "Next" selanjutnya akan muncul layar administrator, isi aja mau dinamain apa komputernya, lalu tekan "Next" maka muncul layar Date and Time Setting.
21.  Masukan settingan jam dan tanggal, tentukan juga time zone anda, untuk jakarta : pilih GMT+7 Klik "Next"
22.  Selanjutnya akan muncul layar work group or computer Domain
23.  jika komputer anda terhubung dengan sebuah domain, maka isikan nama domainnya, tapi jika komputer anda stand alone, maka pilih radio button yang paling atas, lalu tekan "Next"
24.  Selanjutnya akan muncul display setting, seperti gambar di bawah ini, klik "OK"
25.  Kemudian windows akan mendeteksi tampilan optimal dari PC anda, Klik "OK"
26.  Proses instalasi hampir selesai, selanjutnya akan muncul loading jendela windows
27.  Selanjutnya anda akan dibawa masuk ke dalam windows untuk pertama kalinya dan tekan "Next" aj BOS..
28.  Selanjutnya akan muncul layar "Help Protect Your PC", kemudian pilih "Not Right Now" lalu tekan "Next"
29.  Kemudian komputer akan mengecek koneksi ke internet, pilih "Yes" lalu tekan "Next"
30.  Kemudian akan muncul pilihan aktivasi windows, lalu tekan "Next"
31.  Setelah itu akan muncul tampilan yang menunjukan pilihan untuk menambah pengguna komputer, Anda bisa memasukkan beberapa pengguna yang akan mengakses komputer Anda, Namun jika satu akun sudah cukup, atau Anda menginstall komputer untuk dipakai bergantian, cukup masukkan satu user kemudian klik "Next"
32.  Proses instalasi windows selesai, kemudian akan muncul layar seperti gambar di bawah ini, klik "finish", maka proses instalasi selesai.
33.  Kemudian tinggal menginstal CD Driver Motherboad, dan perangkat pendukung lainnya

CARA MEMBUAT  SCREEN SEVER

Screensaver adalah program yang pasti dikenal oleh para pengguna komputer. Screensaver ini dulu berguna untuk melindungi layar monitor agar tidak "gosong" karena dibiarkan menyala terus semalaman.
1.      Screensaver dengan windows XP
Berikut cara – cara membuat screensaver di windows XP :
·         Siapkan foto – foto / Gambar yang akan anda jadikan screensaver – taruh difolder my document – my pictures.
·         Klik kanan bagian mana saja pada desktop – Properties. Pilih Screen saver – My Pictures Slideshow.
·         Untuk melihat hasilnya sementara setting pengaturan waktu penampilan screensaver pada “wait pilih 1 minutes – OK” setelah cocok dengan keinginan anda, terapkan screensaver buatan anda tadi, tapi sebelumnya atur ulang waktu penampilan screensaver tersebut menjadi 5 atau 10 minutes.
2.      Screensaver Dengan PowerPoint
Terkadang priview dari sebuah powerpoint terlihat sangat bagus dan enak dilihat. Gambar – gambar yang yang sudah dimasukkan dalam powerpoint itu ternyata bisa juga dijadikan  sebagai screensaver Berikut cara – caranya :
·         Open PowerPoint 2007.
·         Klik Office Button – Save As – Other Formats untuk membuka Save As window.
·         Melalui Save As window, pilihlan folder yang kosong atau buatlah yang baru untuk diisi gambar-gambar PowerPoint.
·         Masukkan nama file yang Anda inginkan. Dalam Save As Type carilah format gambar yang Anda inginkan (GIF, JPG, TIFF, PNG, BMP). Klik Save. PowerPoint memberikan sebuah pilihan untuk menyimpan setiap slide atau slide terbaru hanya dalam bentuk sebuah gambar. Seleksi salah satu untuk mengklik OK pada kotak dialog selanjutnya untuk menyelesaikan proses bagian ini.
·         Screensaver lalu dapat diaktifkan menggunakan the Display Properties – Screensaver tab seperti yang telah disebutkan semula.
·         Catatan: Untuk screensaver menggunakan powerpoint ini tidak bisa menampilkan gambar yang jenisnya .gif atau animasi.
3.      Screensaver Dengan Corel Draw 10
Terlebih dahulu kita buat lambang PC+ nya, jalankan Corel Draw buat sebuah dokumen baru. Obyek yang kita buat pertama adalah tulisan PC+. Langkah-langkahnya adalah:
·      Klik icon bergambar huruf A (atau tekan F8) di sebelah kiri jendela untuk mengaktifkan Tool Text, klik pointer ke bidang gambar, setelah tampak kursor yang berkedip-kedip pada bidang kerja lalu ketikkan dengan keyboard "PC+" (tanpa tanda petik ya!). Blok ketiga karakter ini lalu ganti jenis font-nya dengan Square 721 BoldItalic (jenis font ini tersedia di CD Corel Draw dengan nama Sqr721bi.ttf), tebalkan (bold) dan miringkan (italic) ketiga karakter itu. Lalu besarkan karakter itu dengan menempatkan pointer di kotak hitam yang ada disudut dan tarik kearah diagonal, perbesar ukurannya agar mudah mengerjakannya.
·      Klik icon bergambar elips (atau tekan F7) untuk mengaktifkan Ellipse Tool. Klik pointer pada bidang kerja dan tarik ke arah diagonal untuk membuat obyek elips, sesuaikan ukuran clips ini dengan teks yang baru dibuat. Jangan terlalu besar atau pun kecil.
·      Gunakan Pointer Tool, icon yang paling atas, atau tekan spacebar, lalu pilih kedua obyek itu. Klik menu Arrange > Align and Distribute, klik dua check box yang bertuliskan Center untuk pengaturan posisi vertikal dan horisontalnya. Maka obyek karakter itu akan menyatu dengan obyek elips. Pada saat kedua obyek yang sudah tersusun itu masih dalam keadaan terpilih klik kanan pada obyek dan pilih Combine pada context menu yang muncul. Jadilah lambang PC+ kita.
·      Untuk membuatnya menjadi simbol untuk digunakan pada screensaver, pilih obyek itu lalu klik menu Tools > Create > Symbol, dalam kolom Symbol Category isikan nama untuk simbol ini yang akan digunakan sebagai nama font, contoh: PC Plus. Proses pembuatan Symbol selesai.
·      Sekarang kita berlanjut mengedit file screensaver yang tadi sudah kita kopi dengan nama Flying PC+. Jalankan hex editor Anda. Lalu cari teks Wingdings, ganti menjadi PC Plus, yaitu nama font yang berisi simbol PC+.
·      Karena kita mengedit dalam format hex, maka untuk mengganti kalimat Wingdings dengan PC Plus juga harus menggunakan format hex. Karakter hex untuk kalimat PC Plus adalah 50 42 20 50 6C 75 73, dengan nilai hex 20 untuk spasi. Karena text Wingdings lebih panjang daripada PC Plus maka akan ada 2 huruf akhir yang tersisa. Ubah karakter yang tersisa ini menjadi 00 00.










Tidak ada komentar:

Poskan Komentar