MINATKAH SISWA SMA BELAJAR SEJARAH
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan atas kehadirat allah SWT yang telah memberikan rahmat dan nikmat sehat-Nya kepada kita sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis yang berjudul “ Minatkah Siswa Kelas X dalam Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Palimanan ”. tak lupa shalawat serta salam, semoga selalu tercurahkan pada junjungan Nabi Besar kita Muhammad SAW. Para keluarganya, para sahabatnya, serta pengikutnya yang setia hingga akhir zaman.
Adapun penulisan karya tulis ini diajukan untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia. Selain itu agar kita tahu seberapa minatkah siswa kelas X dalam pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Palimanan. Kita juga bisa mencari solusi ataupun saran agar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Palimanan lebih berminat pada pelajaran sejarah.
Pada kesempatan ini penulis menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada yang terhormat :
Drs. H. Rahman selaku kepala sekolah SMA Negeri 1 Palimanan,
Tri Yuniar, S.S. selaku wali kelas XI Bahasa sekaligus guru Bahasa Indonesia,
Semua pihak yang telah memberikan dorongan moril dan materil serta doanya.
Penulis sadar bahwasanya penulisan karya tulis ini belum mendekati sempurna. Oleh karenanya, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan penulisan karya tulis ini.
Penulis
ABSTRAK
Karya tulis ini berjudul “ Minatkah Siswa Kelas X dalam Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Palimanan ”. Adapun tujuan penulisan ini yaitu untuk mengetahui seberapa minat siswa kelas X dalam pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Palimanan, sebagai media pembelajaran, serta diajukan untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia. Metode yang di gunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan teknik penyebaran angket. Sumber data yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu dengan data primer melalui pembagian angket dan data skunder yang didapat dari buku dan internet. Hasil dari penelitian ini adalah ada sebagian siswa kelas X yang berminat pada pelajaran sejarah, namun ada pula yang tidak berminat.
DAFTAR ISI
Kata Pengantar …………………………………………………… i
Abstrak …………………………………………………………… ii
Daftar Isi …………………………………………………………… iii
BAB I Pendahuluan ………………………………………………… 1
1.1 Latar Belakang Masalah …………………………………… 1
1.2 Identifikasi Masalah ……………………………………….. 1
1.3 Tujuan Penulisan …………………………………………… 1
1.4 Manfaat Penulisan ………………………………………….. 1
1.5 Metode Penelitian …………………………………………… 2
1.6 Sumber Data ………………………………………………… 2
BAB II Kajian Teori ………………………………………………… 3
BAB III Isi / Pembahasan …………………………………………… 4
3.1 Dampak permasalahan ………………………………………. 4
3.1.1 Dampak Positif ………………………………………. 4
3.1.2 Dampak Negatif ……………………………………… 4
3.1.3 Upaya Mengatasi ……………………………………. 4
BAB IV Penutup ……………………………………………………… 5
4.1 Simpulan ……………………………………………………. 5
4.2 Saran …………………………………………………………. 5
Daftar Pustaka ………………………………………………………… 6
Lampiran-lampiran …………………………………………………… 7
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Kurangnya minat siswa dalam pelajaran sejarah adalah kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran, misalnya bertanya atau bahkan menjawab. Banyak siswa memandang pelajaran sejarah adalah pelajaran kelas dua setelah eksak. Kurangnya minat siswa terhadap pelajaran sejarah juga di latar belakangi oleh faktor kurang kreatifnya guru, dan tidak tersedianya sarana dan prasarana. Sehingga pada saat ulangan nilai mereka jeblok. Penelitaan ini dilakukan untuk mengetahui seberapa minat siswa kelas X di SMA Negeri 1 Palimanan dalam pelajaran sejarah.1.2 Identifikasi Masalah
Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :1. Bagaimana dampak kurangnya minat belajar sejarah bagi siswa SMA Negeri 1 Palimanan ?
2. Upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi dampak tersebut ?
1.3 Tujuan Penulisan
1. Mengetahui seberapa minatkah siswa kelas X dalam pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Palimanan2. Untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia
3. Sebagai media pembelajaran
1.4 Manfaat Penulisan
Bagi siswa• Meningkatkan minat belajar dalam pelajaran sejarah
• Siswa termotivasi dan ikut berperan aktif dalam pembelajaran sejarah
• Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah
1.5 Metode Penelitian
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan teknik penyebaran angket.1.6 Sumber Data
Sumber data yang diperoleh untuk menyusun penelitian ini melalui :a. Data Primer melalui pembagian angket
b. Data Sekunder yang didapat dari buku dan internet
BAB II
KAJIAN TEORI
Sejarah adalah silsilah atau asal-usul kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau. Mata pelajaran sejarah dipandang hanya mempelajari masa lalu, apalagi dalam pembelajaran guru selalu menggunakan metode yang sama yaitu ceramah. Banyak siswa yang merasa bosan, hanya duduk-duduk dan mendengarkan, ada yang mainan ponsel, dan ngobrol sesama teman. Anggapan itu timbul karena monotonnya pembelajaran yang diberikan guru. Ditambah pula terlalu banyak tahun untuk diingat, sehingga kesan sebagai pelajaran hafalan pun seolah-olah melekat pada pelajaran sejarah. Akibatnya siswa semakin memberikan kesan “membosankan” dan akan membuat siswa merasa terpaksa mengikuti pembelajaran. Namun, harus digaris bawahi, walau sejarah itu adalah masa lampau tetapi pada kenyataannya masa lalulah yang membentuk masa sekarang dan yang menjadi pandangan serta pondasi masa depan.
Berbeda dengan siswa kelas X di SMA Negeri 1 Palimanan, sebagian dari mereka mengatakan pelajaran sejarah sangat menyenangkan, karena mereka menyukai cara mengajar guru sejarah mereka. Tetapi ada sebagian pula dari mereka yang mengatakan pelajaran sejarah cenderung hanya ingatan dan hafalan, serta gurunya selalu menggunakan metode ceramah. Secara umum, pelajaran sejarah hanya bersumber pada buku paket untuk dibaca dan LKS untuk dikerjakan.
Keadaan di atas akan membawa dampak yang tidak baik, misalnya banyak siswa yang tidak tau asal-usul negara kita, tidak menghargai perjuangan masa lampau, dan hilangnya rasa nasionalisme. Oleh karena itu, untuk menunjang siswa dalam belajar sarana dan prasarana harus dilengkapi, belajar juga tidak hanya di kelas tetapi di tempat-tempat bersejarah, serta metode yang digunakan jangan hanya ceramah, tetapi bisa juga dengan menggunakan gambar dan video-video dokumenter.
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Dampak pelajaran sejarah bagi siswa SMA Negeri 1 Palimanan
3.1.1 Dampak positif
Dengan belajar sejarah, banyak manfaat dan pengetahuan yang kita dapat antara lian :• Siswa dapat mengetahui sejarah masa lampau
• Meningkatkan rasa nasionalisme
• Dapat melestarikan kebudayaan Indonesia
3.1.2 Dampak negatif dari siswa yang tidak mempelajari sejarah
Bagi siswa yang kurang menyukai pelajaran sejarah, banyak pengetahuan yang kita tidak tahu antara lain :• Buta akan masa lampau
• Hilanngnya rasa nasionalisme
• Menghilangnya kebudayaan Indonesia
3.1.3 Upaya untuk mengatasi dampak tersebut
• Lengkapi sarana dan prasarana agar dapat menunjang pembelajaran• Belajar tidak hanya di kelas tetapi di tempat-tempat yang bersejarah
• Metode pembelajaran jangan hanya ceramah, tetapi bisa juga dengan menggunakan gambar dan video-video dakumenter
BAB IV
PENUTUP
4.1 Simpulan
Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa siswa kelas X di SMA Negeri 1 Palimanan sebagian besar mengaku menyukai pelajaran sejarah, namun sebagian anak mengatakan pelajaran sejarah itu membosankan 4.2 Saran
• Pelajaran sejarah harus lebih variatif dalam penyampaiannya• Lengkapi sarana dan prasarana agar dapat menunjang pembelajaran
• Metode pembelajaran jangan hanya ceramah, tetapi bisa juga dengan menggunakan gambar dan video-video dakumenter
Untuk semua siswa mari kita lebih menyukai pelajaran sejarah, karena sejarah itu sangat penting. Bahkan suatu pernyataan yang sangat fenomenal dari presiden sukarno bahwa “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah perjuangan bangsanya”.
DAFTAR PUSTAKA
• www.sejarah.com
• www.info-sejarah.com
• Haviland, william A. 1999. Antropologi. Jakarta: Erlangga
LAMPIRAN-LAMPIRAN
• Daftar pertanyaan
1. Minatkah kamu dalam pelajaran sejarah ?a. Ya b. Tidak
2. Lalu, pelajaran apa yang anda minati ?
Jawab :
3. Dalam seminggu berapa jam anda belajar sejarah ?
Jawab :
4. Menurut anda seberapa penting pelajaran sejarah ?
Jawab :
5. Apa dampaknya bila siswa kurang minat dalam pelajaran sejarah ?
Jawab :
6. Upaya apa yang harus dilakukan agar siswa minat dalam pelajaran sejarah?
Jawab :
• Narasumber :
1. Astrie Rahmawaty X-1 9. Mahfuzoh X-5 2. Ayu Tunggal X-1 10. NN X-5
3. Ayu Fikriyah X-2 11. Halimatusyadiyah X-6
4. Fajar Nur X-2 12. Dita Rosyita X-6
5. Sajida X-3 13. Matkoefani X-6
6. Hilmi Nugraha X-3 14. Farikha X-7
7. Fika Amalia X-4 15. Galuh Wening X-7
8. Zulafah X-4 16. NN X-8
PERANAN TELEPON GENGGAM TERHADAP KEHIDUPAN SISWA SMA
LEMBAR PENGESAHAN
Judul : Peranan telepon gengam terhadap kehidupan siswa SMAN 1
Palimanan
Penyusun : Lintang Rusgiarty
Kelas : XI Bahasa
Palimanan, Maret 2011
Disahkan Guru Bahasa Indonesia
Tri Yuniar,S.S
NIP. 198206022006042028
DAFTAR ISI
Lembar Pengesahan ……………………………………………… i
Kata Pengantar …………………………………………………… ii
Abstrak …………………………………………………………… iii
Daftar Isi …………………………………………………………… iv
BAB I Pendahuluan ………………………………………………… 1
1.1 Latar Belakang Masalah …………………………………… 1
1.2 Identifikasi Masalah ……………………………………….. 1
1.3 Tujuan Penulisan …………………………………………… 1
1.4 Manfaat Penulisan ………………………………………….. 2
1.5 Metode Penelitian …………………………………………… 2
1.6 Sumber Data ………………………………………………… 2
BAB II Kajian Teori ………………………………………………… 3
BAB III Isi / Pembahasan …………………………………………… 4
3.1 Dampak permasalahan ………………………………………. 4
3.1.1 Dampak Positif ………………………………………. 4
3.1.2 Dampak Negatif ……………………………………… 4
3.1.3 Upaya Mengatasi ……………………………………. 4
BAB IV Penutup ……………………………………………………… 5
4.1 Simpulan ……………………………………………………. 5
4.2 Saran …………………………………………………………. 5
Daftar Pustaka ………………………………………………………… 6
Lampiran-lampiran …………………………………………………… 7
Lembar Persembahan …………………………………………………. 8
KATA PENGANTAR
Segala puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah Bahasa Indonesia ini. Tak lupa shalawat serta salam semoga Allah SWT selalu limpahkan kepada junjungan Nabi Besar Kita Nabi Muhammad SAW.
Pembuatan makalah ini guna memenuhi salah satu tugas Bahasa Indonesia Kelas XI Semester II Tahun Ajaran 2011.
Dalam kesempatan ini kami ingin mengucapkan terima kasih kepada :
1 Bapak Drs. H. Rahman, selaku Kepala Sekolah SMAN 1 Palimanan.
2 Ibu Tri Yuniar, selaku Guru Bidang Studi Bahasa Indonesia.
3 Serta siswa-siswi SMAN 1 Palimanan yang telah membantu penulisan dalam penyelesaian tugas makalah ini.
Kami menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih sangat kurang akan kesempurnaannya, sehingga kritik dan saran pembaca sangat diharapkan agar dalam penulisan makalah berikutnya menjadi lebih baik.
Kami berharap semoga makalah ini bermanfaat bagi pembaca, khususnya siswa-siswi SMAN 1 Palimanan.
Penulis
ABSTRAK
Karya tulis ini berjudul “Peranan Telepon Genggam Terhadap Kehidupan Siswa SMAN 1 Palimanan”. Tujuan dari pembuatan karya ilmiah ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh telepon gengam terhadap kehidupan sehari-hari para remaja. Metode yang di gunakan dalam penilitian ini penulis langsung meminta aspirasi suara para siswa-siswi mengenai ekstrakurikuler ( melalui angket ) yang ada di SMAN 1 Palimanan. Dan penulis mengamati hasil dari seluruh aspirasi siswa-siswi serta memperoleh beberapa hasil dan kesimpulan. Sumber data yang penulis peroleh berasal dari penyebaran angket dan internet. Hasil dari pembahasan karya tulis ini adalah kita dapat mengetahui seberapa besar peranan telepon genggam terhadap kehidupan sehari-hari para remaja.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Latar belakang dari pembuatan karya tulis ini, bermula dari konsumsi masyarakat akan teknologi yang menjadikan dunia teknologi semakin canggih. Komunikasi yang dulunya memerlukan waktu yang lama dalam penyampaiannya kini dengan teknologi segalanya menjadi sangat dekat dan tanpa jarak. Contohnya pada salah satu fasilitas canggih pada masa ini yang akan penulis bahas yaitu mengenai telepon genggam yang lebih dikenal dengan sebutan handphone (HP).Seiring berjalannya waktu handphone bisa dimiliki oleh semua kalangan. Baik yang sangat membutuhkan maupun yang kurang membutuhkan. Karena sekarang handphone di lengkapi dengan beberapa fitur yang membuat handphone memiliki beberapa fungsi selain menelepon atau saling berkirim pesan singkat. Handphone kini bukan lagi sekadar alat untuk berkomunikasi. Namun juga sebagai gaya hidup, penampilan, dan tren.
1.2 Latar Belakang Masalah
Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:1. Bagaimana dampak peranan telepon gengam terhadap kehidupan siswa SMAN 1 Palimanan ?
2. Solusi apa yang dapat dilakukan ?
1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan karya tulis ini adalah sebagai berikut:• Untuk mengetahui perkembangan handphone serta penggunaannya oleh remaja.
• Memberikan informasi kepada siswa, guru dan masyarakat terutama remaja mengenai perkembangan handphone.
• Memberikan informasi kepada siswa, guru dan masyarakat terutama remaja mengenai dampak handphone.
• Memberikan gambaran kepada siswa, guru dan masyarakat terutama remaja mengenai pengaruh handphone dalam kehidupan.
• Menyajikan data mengenai remaja yang berkaitan dengan penggunaan handphone.
• Menampilkan data yang dapat memberikan masukan pada remaja tentang pengaruh handphone.
1.4 Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang dapat di ambil bagi penulis :• Untuk memenuhi penilaian tugas Bahasa Indonesia
• Menambah wawasan dan pengetahuan bagi penulis dan pembaca
• Mengetahui hal negatif dan positif dari peranan telepon genggam
1.5 Metode Penelitian
Metode yang di gunakan dalam penilitian ini penulis langsung meminta aspirasi suara para siswa-siswi mengenai peranan telepon genggam terhadap kehidupan sehari-hari para remaja ( melalui angket ) yang ada di SMAN 1 Palimanan. Penulis mengamati hasil dari seluruh aspirasi siswa-siswi serta memperoleh beberapa hasil dan kesimpulan.1.6 Sumber data
Sumber data yangdi peroleh untuk menyusun kaya ilmiah ini melalui :1 Data Primer yang didapat dari pembagian angket
2 Data Sekunder atau studi pustaka yang didapat dari sebuah internet
BAB II
KAJIAN TEORI
Apa itu handphone? Telepon genggam atau Handphone adalah sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon fixed line sehingga konvesional namun dapat dibawa keman-mana ( portable ) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel ( nirkabel, wireless ).
Handphone saat ini memang bukan barang yang mewah dan aneh bagi masyarakat Indonesia. Industrihandphone, bergerak sangat cepat, setara dengan melesatnya kecepatan suaranya. Kini semakin banyak teknologi pendukung yang terintegrasi dengan produkhandphone, seperti radio FM, kamera digital dan pemutar MP3. Belum lagi ukuranhandphone yang berlomba untuk makin kecil dan menarik. Kini dunia handphone adalah dunia untuk berkomunikasi, berbagi, mencipta dan menghibur baik dengan suara, tulisan, gambar, musik maupun video.
Seiring berjalannya waktu handphone bisa dimiliki oleh semua kalangan. Baik yang sangat membutuhkan maupun yang kurang membutuhkan. Karena sekarang handphone di lengkapi dengan beberapa fitur yang membuat handphone memiliki beberapa fungsi selain menelepon atau saling berkirim pesan singkat. Handphone kini bukan lagi sekadar alat untuk berkomunikasi. Namun juga sebagai gaya hidup, penampilan, dan tren.
Begitupun para siswa SMAN 1 Palimanan hampir semuanya mempunyai Handphone. Bagi mereka peranan HP sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Karena dengan menggunakan HP mereka dapat berkomunikasi sesama teman dan mereka bisa mendapatkan informasi pembelajaran dari internet.
BAB III
PEMBAHASAN
1.1 Dampak Penggunaan HP bagi siswa SMA Negeri 1 Palimanan
1.1.1 Dampak positif
• Mempermudah berkomunikasi untuk menyambung silaturahmi (pesan dan telepon). • Sarana untuk mencari kebutuhan informasi (internet).
• Membantu proses pembelajaran.
• Sarana untuk hiburan (permainan, audio, video).
1.1.2 Dampak negative
• Sebagai alat untuk menyimpan hal-hal yang mengandung asusila.. • Sebagai sarana untuk saling berlomba menunjukkan tingkat sosial.
• Penggunaan tidak sesuai dengan kondisi. Misalnya saat proses belajar mengajar sedang berlangsung menggunakan handphone untuk sms-an dengan pacar.
1.1.3 Upaya untuk mengatasi dampak tersebut
• Gunakan Handphone seperlunya• Harus mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk
• Orangtua harus selalu mengontrol Handphone anak
BAB IV
PENUTUP
4.1 Simpulan
Simpulan dari karya tulis ini adalah HP sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Karena dengan menggunakan HP mereka dapat berkomunikasi sesama teman dan mereka bisa mendapatkan informasi pembelajaran dari internet.4.2 Saran
Untuk semua siswa SMAN 1 Palimanan mari kita gunakan HP dengan sebaiknya. DAFTAR PUSTAKA
• www. Sejarah HP.com
• www. Pengertian HP.com
LAMPIRAN – LAMPIRAN
• Daftar Pertanyaan
1. Apakah kamu mempunyai Handphone ?Jawab: ....................................................
2. Menurut kamu seberapa pentingkah Handphone bagi kehidupanmu ?
Jawab: ....................................................
3. Apa keuntungan dan kerugian yamg kamu peroleh ?
Jawab: ....................................................
4. Apa keuntungan dan kerugian yamg kamu peroleh ?
Jawab: ....................................................
5. Apakah orangtuamu sering mengontrol HP kamu ? Berikan tanggapan
terhadap tindakan orangtuamu itu!
Jawab: ....................................................
6. Apa sajakah hal yang dapat kamu lakukan dengan HP mu ?
Jawab: ....................................................
• Narasumber
Yogie Harianto X-2Sheilla X-2
Ummu K X-5
Diya X-6
Nurul X-6
Irfan X-7
Mindy X-8
Aisyah X-8
Asih X-8
LEMBAR PERSEMBAHAN
Dengan segenap ketulusan penulis persembahkan uraian terima kasih dengan curahan cinta, kasih sayang yang tiada terkira untuk :
• Allah SWT, dengan ucapan Alhamdulillahirobbil Alamin tanpa seizinnya penulis tidak dapat berbuat apa – apa
• Kedua orangtua, kedua adik penulis, terima kasih yang tak terhingga atas perhatian, kasih sayang dan doanya. Kalian adalah orangtua yang paling sempurna bagi penulis
• Ibu Tri Yuniar yang cantik, Terima kasih atas bimbingannya selama ini
• Sahabat-sahabat penulis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar