Selasa, 06 September 2011

SPESIFIKASI KOMPUTER DAN FUNGSINYA

A. MACAM – MACAM SPESIFIKASI KOMPUTER
Untuk masing - masing komponen memiliki spesifikasi yang berbeda - beda sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh pengguna ( user ). Pada saat pembelian komputer sebaiknya user benar - benar memahami kebutuhan yang akan diperlukan dalam penggunaan komputer tersebut, karena jika salah dalam pemilihan spesifikasi komputer yang akan dibeli, akan sia - sia nantinya Sebelum memilih spesifikasi tentukan dahulu dana yang akan dialokasikan untuk membeli komputer lalu akan digunakan untuk apa komputer tersebut. Contoh-contoh spesifikasi komputer adalah : 

1. Low – End
Komputer low-end harganya relatif murah namun penggunaanya / fungsinya hanya sekedar untuk mengetik data dan pemrosesan data tingkat rendah. Contoh spesifikasinya adalah:
• Dual Core E5400
• ECS G41T-M5
• VISI-ON 1GB PC 6400
• WDC SATA II 160GB 8MB
• Speedpower AX-500-S 500W

2. Mid – End
Komputer mid-end harganya sedikit mahal namun penggunaanya / fungsinya setingkat lebih tinggi dari komputer low-end. Komputer mid-end dapat digunakan untuk aplikasi pengolahan grafis tingkat menengah. Contoh spesifikasinya adalah:
• Core i5 750 Box (8M Cache, 2.66 Ghz)
• Biostar T5XE
• G.SKILL F3-12800CL7D-4GBRM WDC SATA II 500Gb 32Mb Green
• MSI GTX 275 Twin Frozer OC 896Mb 448Bit DDR3
• Speedpower AX-550-S 550W
• Lite On DVDRW Sata 24x 

3. High– End
Komputer high-end harganya relatif mahal namun penggunanya / fungsinya paling superior dibanding komputer mid-end dan low-end. Contoh spesifikasinya adalah:
• Core i5 750
• Biostar T5XE
• G.SKILL 4GB DDR3 1600 Mhz
• WDC 500GB SATA II 32mb
• HIS HD 5850 Cypress Pro 1Gb 256Bit DDR5
• DELL 20 Inch S2009W+DVI 1600x900
• Speedpower AX-600-S 600W
• Lite On DVDRW Sata 24x
• ALTEC Lansing BXR-1221 2.1

B. ISI KOMPUTER
Dalam pemilihan spesifikasinya harus sesuai dengan kebutuhan yang akan diperlukan oleh pengguna. Dalam setiap komputer, biasanya terdiri dari mainboard / motherboard, processor, RAM, VGA, Hardisk, monitor, dan lain lain. 

1. Mainboard /motherboard
Mainboard / motherboard merupakan pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang pada motherboard tersebut. Motherboard juga Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC. Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard, mulai dari peranti peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard, mouse,scanner), atau printer untuk mencetak. demam overclocking juga turut menyumbangkan peranan dalam perkembangan dunia motherboard. Para produsen motherboard berlomba lomba mengeluarkan motherboard yang dirancang mampu memberikan tingkat overclock yang tinggi, tapi tetap mampu menjaga kestabilan sistem. Jika pada saat itu ada motherboard yang tidak bisa digunakan untuk meng overclock prosesor dan memori, maka hampir dapat dipastikan motherboard tersebut kurang laku di pasaran.

2. Processor
Processor merupakan bagian utama dari komputer. Fungsi dari komponen ini adalah mengatur semua jalannya proses yang terjadi selama komputer bekerja. Oleh karena itu, semakin besar kecepatan processor, maka semakin cepat pengeksekusian program pada komputer. Satuan untuk processor sendiri adalah Mhz ( mega hertz ) atau GHz ( Giga Hertz Sebuah processor terdiri dari sebuah ALU ( Aritmatic Logic Unit ), unit logika yang dibangun dari gerbang logika ( AND ,OR , NOT , EXOR dll ) . Juga dilengkapi dengan UC (Unit Control )yang ber fungsi mengontrol periperial lainnya. Kecepatan processor ditentukan oleh speed processor , cache memory , dan FSB (front Side Bus ) yang biasanya tertulis di punggung processor. Dalam penempatannya (pemasangannya) processor ditempatkan pada suatu tempat yang namanya Soket, Soket sendiri bisa menunjukkan jenis / model / merek processor.

3. RAM ( Random Access Memory )
Ram merupakan sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan. Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan memori-baca-saja (read-only-memory, ROM), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang.
Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM, karena sifatnya yang sebenarnya juga Random Access seperti halnya SRAM ataupun DRAM. Hanya saja memang proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM. Selain itu beberapa bagian dari space addres RAM ( memori utama ) dari sebuah sistem yang dipetakan kedalam satu atau dua chip ROM.

4. VGA ( Video Graphic Adaptor )
VGA merupakan komponen yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor. VGA Card sering juga disebut Card display, kartu VGA atau kartu grafis. Tempat melekatnya kartu grafis disebut slot expansi. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game.

5. Hardisk
Media penyimpanan dari Operating System dari komputer. Seperti Windows maupun Linux. Fungsi utamanya sebagai media penyimpanan atau storage data secara permanen. Hard disk menyimpan bermacam-macam informasi, salah satunya informasi mengenai hardware yang ada di dalam PC tersebut, lalu OS itu sendiri. Hard disk merupakan salah satu komponen yang menentukan kinerja PC. Semakin cepat hard disk bekerja, semakin cepat pula transfer yang dihasilkan.

6. Monitor
Monitor adalah komponen untuk menampilkan data. Macam-macam monitor yang beredar adalah monitor LED dan monitor LCD. Monitor LCD harga lebih murah daripada monitor LED tetapi lebih boros daya.
Komponen lain adalah optical drive, speaker namun itu hanya optional . Setelah mengetahui secara umum tentang spesifikasi yang perlu dipertimbangkan adalah tentang harga dan penggunaan. Sebelum memilih spesifikasi tentukan dahulu dana yang akan dialokasikan untuk membeli komputer lalu akan digunakan untuk apa komputer tersebut.
Untuk memilih spesifikasi komputer yang tepat diperlukan pengetahuan tentang spesifikasi komputer sehingga dengan harga yang telah ditentukan dapat memilih komponen-komponen yang tepat agar fungsi dari komputer tersebut maksimal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar