Jumat, 17 Desember 2010

PERGURUAN TINGGI YANG IDEAL

A. Pengertian Ideal
Kata ideal, mempunyai pemaknaan yang berbeda antara setiap individu. Sehingga hal tersebut perlu untuk diungkapkan untuk mengetahui pandangan seseorang mengenai kata ideal.
Perguruan tinggi ideal tidak berarti perguruan tinggi yang mahal dan memiliki segudang fasilitas yang memadai. Akan tetapi, perguruan tinggi yang ideal adalah perguruan tinggi yang mampu menanamkan nilai-nilai pendidikan dan apresiasi terhadap budaya bangsa. Selain itu, perguruan tinggi yang ideal harus mampu melahirkan generasi yang siap bersaing di pasar globlal..
Berbicara tentang Indonesia, kita harus tahu tingkat kondisi sosial yang ada di Negara ini. Sehingga dengan begitu akan diperoleh suatu pandangan objektif mengenai Perguruan Tinggi Ideal di indonesia.
B. Gambaran Perguruan Tinggi Ideal
Untuk menggambarkan Perguruan Tinggi Ideal adalah sebagai berikut
 Pertama kali yang kita butuhkan sebagai acuan adalah visi. Dengan visi yang baik maka image jual sebuah perguruan tinggi akan terkenal baik. Menurut penulis perguruan tinggi yang ideal untuk masa sekarang adalah bagaimana perguruan tinggi tersebut mencetak manusia yang sempurna. Manusia yang bisa mengemban tugas didunia ini sekaligus memakmurkannya. Visi yang tepat untuk mencapai itu adalah mencetak manusia sempurna, seimbang antara fikir dan dzikir atau seperti yang tercantum dalam Al Qur’an (Al Imran 190). Hal tersebut seperti yang ada dalam visi perguruan-perguruan tinggi islam, yaitu menciptakan manusia sempurna akhlak dan intelektual. Dan bukan hanya Al Qu’ran sebagai acuan namun hal tersebut didasarkan juga perkataan ilmuan terkenal Amerika “Ilmu tanpa agama maka hampa, agama tanpa ilmu akan buta” Albert Einstein. Kesimpulannya adalah, dibutuhkan kesimbangan antara daya fikir dengan tingkat religiousitas dalam menentukan dalam mencetak manusia-manusia handal. Dengan begitu harapan manusia sempurna akan tercapai atau dengan kata lain khalifah fil ard.
 Setelah memperoleh visi yang baik, langkah selanjutnya yang harus dimiliki oleh perguruan tinggi ideal adalah diperlukannya misi yang tepat yang didasarkan dengan visi yang ingin dicapai. Kenyataan yang ada mengatakan, kelemahan sebagian besar perguruan tinggi yang ada di negeri ini terletak pada sisi misi. Visi mereka sudah sangat baik namun langkah memperoleh visi tersebut yang kurang sesuai. Sehingga produk yang dihasilkan kebanyakan adalah produk gagal dibandingkan produk-produk sukses atau produk manusia sempurna. Dengan kata lain misi kurang sinkron dengan visi yang menjadi tujuan utama.
 Misi harus sejalan dengan visi yang hendak dicapai, ketika daya fikir manusia digembleng, pada saat bersamaan tingkat dzikir manusia harus ditambah. Semua itu harus sejalan seperti kurva seimbang. Semakin tinggi intellectual seseorang konsekuensinya harus semakin tinggi tingkat keagamaan yang mereka miliki. Sebagai gambarannya seorang ilmuan science namun juga seorang ilmuan kerohanian. Sehingga ilmu pengetahuan tersebut akan digunakan sebagai pendukung rohani mereka. Atau sebaliknya ilmu rohani akan mengontrol ilmu pengetahuan agar tidak salah jalur yang kemudian merugikan umat manusia.
 Syarat selanjutnya untuk sebuah perguruan tinggi ideal adalah, perguruan tinggi tersebut harus memperhatikan tingkat kemampuan masyarakat sekitar dan umumnya kemampuan financial masyarakat negeri ini. Percuma bila perguruan tinggi ideal hanya mencetak manusia-manusia yang mempunyai tingkat keuangan yang melimpah. Perguruan tinggi ideal akan menjadi idaman apabila memperhatikan masalah tersebut dikarenakan. Dengan begitu akan tercapai Perguruan Tinggi Idaman bagi setiap kalangan masyarakat. Bahkan menjadi Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia, dikarenakan prioritas utama yang hendak dicapai adalah penungkatan mutu untuk semua kalangan masyarakat. Dan bukan uang sebagai prioritas utama.
 Syarat yang keempat sekaligus syarat yang terakhir yang harus dimiliki oleh Perguruan Tinggi Ideal adalah adanya kerjasama perguruan tinggi dengan pihak-pihak luar kampus, seperti kerjasama dengan perusahaan-perusahaan atau sektor-sektor swasta. Sehingga dimungkinkan alumni-alumninya akan mendapat kemudahan diterima di dunia kerja. Sekaligus dapat mengimplementasikan ilmu yang mereka peroleh dalam lingkungan yang sesungguhnya. Selain itu dengan bekerjasama dengan pihak-pihak swasta maka akan diperoleh gambaran dunia luar dan sekaligus sebagai ladang pertukaran teknologi. Mengingat perusahaan-perusahaan swasta memiliki tingkat teknologi lebih baik dibandingkan yang ada di perguruan tinggi.
C. Kriteria Perguruan Tinggi Yang Ideal
Perguruan tinggi yang baik atau ideal harus mampu menyentuh masyarakat dari berbagai kalangan. Oleh karena itu, Perguruan Tinggi yang ideal harus memiliki kriteria-kriteria yang unggul. Kriteria yang unggul itu sebagai berikut;
1. Perguruan Tinggi ideal adalah perguruan tinggi yang sehat.
Perguruan Tinggi yang sehat adalah PT yang mempunyai dosen-dosen yang berkompeten di bidangnya dan konsisten dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tugas pokoknya
Perguruan Tinggi yang sehat adalah perguruan tinggi yang dalam proses penerimaan mahasiswa transparan dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku atau sesuai dengan kualifikasiyang telah ditentukan (= bebas uang panas).
Perguruan tinggi yang sehat adalah Perguruan Tinggi yang memiliki administrasi yang teratur dan teroganisir dengan baik mulai dari bawah sampai birokrasi tertinggi.
2. Perguruan Tinggi ideal adalah PT yang mampu melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
Dalam hal pendidikan, PT hendaknya mampu menghasilkan SDM yang cerdas dan unggul dengan memberikan pelayanan sebaik-baiknya dan penyediaan sarana dan prasarana belajar yang memadai, referensi yang cukup, dan kegiatan belajar dan mengajar yang menyenagkan. Di smping itu, PT idealnya memiliki Lembaga Pengembangan dan Profesi yang diarahkan kepada penguasaan pengetahuan dan kesiapan keahlian tertentu.
Dalam hal penelitian, PT hendaknya mampu melaksanakan penelitian secara kontinyu. Untuk mendukung program penelitian, PT diharapkan mampu menyelenggarakan pelatihan secara periodik, baik bagi mahasiswa, peneliti muda, maupun peneliti senior. Pelatihan iti dimaksudkan untuk memotivasi mahasiswa dan dosen agar meneliti dan memperketat evaluasi usulan penelitian agar hasil penelitiannya lebih berkualitas.
Sedangkan dalam hal pengabdian masyarakat, PT harus mampu memberdayakan dosen dan mahasiswa untuk ikut aktif dalam pelayanan masyarakat.
3. Perguran Tinggi Ideal adalah perguruan tinggi yang berbasis Inovasi Teknologi ( IT)
Di era global, IT merupakan sarana yang tepat untuk kemudahan administrasi sebuah PT. Dengan adanya IT mahasiswa tidak harus datang ke kampus untuk mengurus administrasi seperti registrasi maupun yudisium. IT juga dapat dimanfaatkan dalam bidang pengajaran dan pembelajaran, bidang penelitian, bidang pengabdian masyarakat dan kerjasama, serta sebagai manajemen pengetahuan dan informasi
Dalam hal manajemen dan informasi, IT dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran dalam bentuk perpustakaan online dengan link beberapa perpustakaan oline milik PT lain, sehigga mahasiswa bisa mendapatkan dan bertukar informasi dengan cepat. Perpustakaa online hendaknya memuat buku, jurnal, dan terbitan dari berbagai disiplin ilmu dengan berbagai macam bahasa (Inggis, Indonesia, dan bahasa asing).
4. Perguruan Tinggi Ideal adalah PT yang dapat membentuk Social Interpreneurship.
Universitas di era global, dituntut untuk menjadi mesin mencetak sosok inovator, business entrepreneur, sekaligus sosok social entrepreneur
Dengan terbentuknya sosok innovator sekaligus sosok social interpreneur diharapkan dapat dengan mudah membentuk jaringan bisnis (kerjasama) dengan berbagai pihak dan berkolaborasi di segala lini dalam rangka pengembangan ilmu, institusi, teknologi, dan seni. Peningkatan kualitas dan kuantitas kerja sama baik di tingkat lokal, nasional, regional maupun internasional pun dapat ditempuh. Dengan kerjasama yang baik dengan berbagai pihak diharapkan dapat mempertinggi dana abadi. Sehingga pendidikan, peneltian dan pengabdian masyarakat dapat ditingkatkan tanpa meningkatkan biaya pendidikan. Dengan tingginya tingkat dana abadi diharapkan biaya pendidikan dapat diminimalkan sehingga masyarakat ekonomi lemah dapat meneruskan ke jenjang tersebut. Hal ini berarti PT mampu mengamalkan Pancasila sila kelima, “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”.
5. PT yang ideal adalah perguruan tinggi yang mampu mengembangkan potensi sumber daya alam yang ada sehingga mempunyai nilai ekonomi untuk mengangkat perekonomian nasional.
Perguruan tinggi merupakan ikon keunggulan sumber daya manusia di era global karena perguruan tinggi merupakan penjaga kelangsungan bangsa sekaligus penentu masa depan bangsa. Guru, dosen, dokter, pengacara, dan berbagai macam profesi tingkat atas lahir dari perguruan tinggi. Jika mereka lahir dari perguruan tinggi yang baik, maka hasilnya akan baik. Begitu juga sebaliknya. Adanya perguruan tinggi yang baik, maka sumber daya yang dihasilkannya pun akan baik. Oleh karena itu perlu adanya perguruan tinggi ideal.
Kelima kriteria perguruan tinggi ideal di atas sangat perlu untuk diterapkan di PTN maupun PTS di Indonesia. Sebab, PT yang baik akan melahirkan generasi yang baik. Dengan munculnya generasi-generasi yang baik, maka Indonesia dapat bangkit dan keluar dari krisis multidimensi yang terjadi sekarang ini dan itulah sekilas pandangan penulis mengenai Perguruan Tinggi Ideal yang berlandaskan kepada kondisi sosial masyarakat Indonesia. Kondisi masyarakat yang masih memakai nurani kerokhanian (agama) sebagai landasan kehidupan dan masih dalam keadaan ketimpangan status sosial masyarakat di negeri ini.
http://blog.unnes.ac.id/karatikahernawan/category/perguruan-tinggi-ideal/

1 komentar:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus