Minggu, 16 Januari 2011

RPP IPA KLS 4 SD ( 2 )

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : ......................................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : 1–5
Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 7. Memahami gaya dapat mengubah gerak dan/atau
bentuk suatu benda
Kompetensi Dasar : 7.1 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya
(dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda
7.2 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya
(dorongan atau tarikan) dapat mengubah bentuk
suatu benda
Indikator : 1. Membuat daftar berbagai gerak benda
2. Mendemonstrasikan cara menggerakkan benda,
misalnya didorong dan dilempar
3. Mengidentifikasi faktor yang memengaruhi gerak
benda, misalnya jatuh bebas akibat gravitasi, gerak
di lantai yang datar karena dorongan
4. Memberi contoh dalam kehidupan sehari-hari cara
gaya
mengubah bentuk atau gerak benda
5. Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi
keadaan benda jika dimasukkan ke dalam air
6. Mendemonstrasikan benda yang tenggelam menjadi
terapung dan sebaliknya

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
1. Membuat daftar berbagai gerak benda;
2. mendemonstrasikan cara menggerakkan benda, misalnya didorong dan dilempar;
3. mengidentifikasi faktor yang memengaruhi gerak benda, misalnya jatuh bebas akibat gravitasi, gerak di lantai yang datar karena dorongan;
4. memberi contoh dalam kehidupan sehari-hari cara gaya mengubah bentuk atau gerak benda;
5. mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keadaan benda jika dimasukkan ke dalam air;
6. mendemonstrasikan benda yang tenggelam menjadi terapung dan sebaliknya.
II. Materi Pembelajaran
Gaya
III. Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, demonstrasi, dan kegiatan laboratorium
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
• Pertemuan Ke-1
a. Kegiatan Awal
1. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian gaya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pengaruh gaya jika mengenai benda.
b. Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa membuat daftar gerak benda.
2. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 9.1 untuk membuktikan bahwa gaya dapat menyebabkan benda bergerak.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan benda yang dapat melakukan gaya.
4. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan beberapa hal yang memengaruhi gerak benda.
5. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 9.2 untuk mengetahui hal-hal yang memengaruhi gerak benda.
c. Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan berbagai macam gerak benda dan hal-hal yang memengaruhinya.
• Pertemuan Ke-2
a. Kegiatan Awal
1. Guru mengajarkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan berbagai cara membentuk benda.
b. Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan berbagai bentuk benda.
2. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 9.3 untuk mengetahui berbagai bentuk benda dibentuk.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pengaruh gaya terhadap gerak benda.
4. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 9.4 untuk mengetahui pengaruh gaya terhadap arah gerak benda.
c. Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan cara membentuk benda dan pengaruh gaya terhadap arah gerak benda.
• Pertemuan Ke-3
a. Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kemungkinan yang akan terjadi jika benda dimasukkan ke dalam air.
b. Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian tenggelam, melayang, dan terapung.
2. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 9.5 untuk mengetahui benda yang tenggelam, melayang, dan terapung.
3. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 9.6 untuk membuat benda yang tenggelam, melayang, dan terapung.
c. Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan pengertian tenggelam, melayang, dan terapung.
• Pertemuan Ke-4
a. Kegiatan Awal
1. Guru menyebutkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan hal-hal yang memengaruhi kedudukan benda jika dimasukkan ke dalam air.
b. Kegiatan Inti
1. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 9.7 untuk membuktikan bahwa bentuk benda memengaruhi kedudukannya di dalam air.
2. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 9.8 untuk membuktian bahwa adanya rongga udara memengaruhi kedudukan benda di dalam air.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan benda yang dapat dibuat tenggelam, melayang, dan terapung di dalam air.
c. Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan hal-hal yang memengaruhi kedudukan benda jika dimasukkan ke dalam air.
• Pertemuan ke-5
a. Kegiatan Awal
1. Guru menyebutkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara membuat benda yang terapung menjadi tenggelam.
b. Kegiatan Inti
1. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 9.9 untuk membuktikan cara membuat benda yang terapung menjadi tenggelam.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara membuat benda yang tenggelam menjadi terapung.
• Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan cara membuat benda yang terapung menjadi tenggelam dan membuat benda yang tenggelam menjadi terapung.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Jendela IPA 4B terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri halaman 1–24
• Katapel
• Per
• Mobil mainan
• Stop-watch
• Plastisin
VI. Penilaian
• Keaktifan dalam menjawab pertanyaan, sikap, dan tingkah laku. Contoh lembar pengamatan terlampir.
• Mengerjakan soal latihan pada halaman 22–24




Mengetahui Dilaksanakan, ........................
Kepala Sekolah, Guru Kelas,



(__________________) (__________________)
NIP. ............................. NIP. .............................



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : ....
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : 6–11
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 8. Memahami berbagai bentuk energi dan cara
penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 8.1 Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang
terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya
Indikator : 1. Menyebutkan sumber-sumber energi panas,
misalnya gesekan benda dan matahari
2. Mendemonstrasikan adanya perpindahan panas
3. Menyebutkan sumber-sumber bunyi yang terdapat
di lingkungan sekitar
4. Menyimpulkan bahwa bunyi dihasilkan oleh benda
yang bergetar
5. Membedakan perambatan bunyi pada benda padat,
cair, dan gas

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
1. Menyebutkan sumber-sumber energi panas, misalnya gesekan benda dan matahari;
2. Mendemonstrasikan adanya perpindahan panas;
3. Menyebutkan sumber-sumber bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar;
4. Menyimpulkan bahwa bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar;
5. Membedakan perambatan bunyi pada benda padat, cair, dan gas.
II. Materi Pembelajaran
Energi panas dan energi bunyi
III. Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, demonstrasi, dan kegiatan laboratorium
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
• Pertemuan Ke-6
a. Kegiataan Awal
1. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian energi panas dan energi bunyi.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan sumber energi panas dan energi bunyi yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
b. Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perpindahan panas.
2. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian perpindahan panas secara konduksi.
3. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 10.1 untuk membuktikan adanya perpindahan panas secara konduksi.
4. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan manfaat perpindahan panas secara konduksi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
c. Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan perpindahan panas secara konduksi dan manfaat perpindahan panas bagi kesejahteraan manusia.
• Pertemuan Ke-7
a. Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian perpindahan panas secara konveksi.
b. Kegiatan Inti
1. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 10.2 untuk membuktikan adanya perpindahan panas secara konveksi.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perpindahan panas secara konveksi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
c. Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan perpindahan panas secara konveksi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
• Pertemuan Ke-8
a. Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian perpindahan panas secara radiasi.
b. Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perpindahan panas secara radiasi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan manfaat perpindahan panas secara radiasi bagi kesejahteraan kehidupan manusia.
c. Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan perpindahan panas secara radiasi dan manfaat perpindahan panas bagi kesejahteraan manusia.
• Pertemuan Ke-9
a. Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian energi bunyi.
b. Kegiatan Inti
1. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 10.3 untuk mengetahui benda yang menghasilkan bunyi.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan benda yang dapat menghasilkan bunyi.
c. Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan keadaan benda yang sedang menghasilkan bunyi.
• Pertemuan Ke-10
a. Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan cara perambatan bunyi melalui benda padat.
b. Kegiatan Inti
1. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 10.4 untuk membuktikan adanya perambatan bunyi melalui benda padat.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan manfaat perambatan bunyi melalui benda padat.
3. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 10.5 untuk membuat alat yang memanfaatkan perambatan bunyi melalui benda padat.
c. Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan perpindahan bunyi melalui benda padat dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
• Pertemuan Ke-11
a. Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan cara perambatan bunyi melalui benda cair dan gas.
b. Kegiatan Inti
1. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 10.5 untuk membuktikan adanya perambatan bunyi melalui benda cair.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan manfaat perambatan bunyi melalui benda cair.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan hal-hal yang membuktikan bahwa bunyi merambat melalui gas.
4. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan manfaat perambatan bunyi melalui gas.
c. Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan perpindahan bunyi melalui benda cair dan gas serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Jendela IPA 4B terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri halaman 25–38
• Air panas
• Sendok logam
• Sumpit
• Biji jagung
• Margarin
• Gelas
• Kaki tiga
• Pemanas
• Karet gelang
• Kotak kosong
VI. Penilaian
• Keaktifan dalam menjawab pertanyaan, sikap, dan tingkah laku. Contoh lembar pengamatan terlampir.
• Mengerjakan soal latihan pada halaman 35–38


Mengetahui Dilaksanakan, ........................
Kepala Sekolah, Guru Kelas,


(__________________) (__________________)
NIP. ............................. NIP. ...........................



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : ....
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : 12–16
Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 8. Memahami berbagai bentuk energi dan cara
penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 8.2 Menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara
penggunaannya
Indikator : 1. Mencari informasi berbagai energi alternatif
2. Memberi contoh benda-benda yang menggunakan
sumber energi alternatif, misalnya mobil bertenaga surya
3. Memberi contoh penggunaan energi alternative
tersebut
4. Menjelaskan keuntungan energi alternative
dibandingkan dengan energi yang saat ini digunakan

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
1. Mencari informasi berbagai energi alternatif;
2. Memberi contoh benda-benda yang menggunakan sumber energi alternatif, misalnya mobil bertenaga surya;
3. Memberi contoh penggunaan energi alternatif tersebut;
4. Menjelaskan keuntungan energi alternatif dibandingkan dengan energi yang saat ini digunakan.
II. Materi Pembelajaran
Energi alternative
III. Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, demonstrasi, dan kegiatan laboratorium
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
• Pertemuan Ke-12
a. Kegiataan Awal
1. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian energi alternatif.
2. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan peredaran antara energi alternatif dengan energi bahan bakar fosil.
b. Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan energi alternatif yang ada di lingkungan sekitar.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan penggunaan energi alternative yang ada di lingkungan sekitar.
c. Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan pengertian energi alternatif dan penggunaannya yang terdapat di lingkungan sekitar.
• Pertemuan Ke-13
a. Kegiataan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari-hari.
b. Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan teknologi yang memanfaatkan energi matahari, misalnya mobil tenaga surya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara kerja mobil tenaga surya.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara kerja pembangkit listrik tenaga surya.
c. Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan pemanfaatan energi matahari sebagai sumber energi alternatif.
• Pertemuan Ke-14
a. Kegiataan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan manfaat energi angin dalam kehidupan sehari-hari.
b. Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan teknologi yang memanfaatkan energi angin, misalnya perahu layar dan kincir angin.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara kerja perahu layar dan kincir angin.
c. Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan pemanfaatan energi angin sebagai sumber energi alternatif.
• Pertemuan Ke-15
a. Kegiataan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pemanfaatan air sebagai sumber energi alternatif.
b. Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan teknologi yang memanfaatkan energi air, misalnya pembangkit listrik tenaga air.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pemanfaatan air sebagai sumber energi alternatif.
c. Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan pemanfaatan energi air sebagai sumber energi alternatif.
• Pertemuan Ke-16
a. Kegiataan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan penggunaan energi alternatif.
b. Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kelebihan penggunaan energi alternatif jika dibandingkan dengan penggunaan energi dari bahan bakar fosil.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kekurangan penggunaan energi alternatif jika dibandingkan dengan penggunaan bahan bakar fosil.
c. Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan kelebihan dan kekurangan penggunaan energi alternatif.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Jendela IPA 4B terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri halaman 39–50
• Charta pemanfaatan energi alternative
• Alat-alat tulis
VI. Penilaian
• Keaktifan dalam menjawab pertanyaan, sikap, dan tingkah laku. Contoh lembar pengamatan terlampir.
• Mengerjakan soal latihan pada halaman 48–50




Mengetahui Dilaksanakan, ........................
Kepala Sekolah, Guru Kelas,


(__________________) (__________________)
NIP. ............................. NIP. .............................


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : ....
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : 17–20
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 8. Memahami berbagai bentuk energi dan cara
penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 8.3 Membuat suatu karya/model untuk menunjukkan
perubahan energi gerak akibat pengaruh udara,
misalnya roket dari kertas/baling-baling/pesawat
kertas/parasut
8.4 Menjelaskan perubahan energi bunyi melalui
penggunaan alat musik
Indikator : 1. Menentukan karya atau model yang dibuat,
misalnya roket dari kertas, baling-baling, parasut, dan pesawat kertas
2. Menentukan bahan atau alat yang digunakan
3. Membuat karya atau model sesuai dengan
rancangan
4. Menguji karya atau model yang dibuat dan
menyempurnakannya
5. Menerapkan keamanan kerja dan menjaga
kebersihan lingkungan kerja
6. Menyimpulkan bentuk rancangan terbaik
7. Menentukan karya atau model yang akan dibuat, misalnya trompet, suling, atau peredam suara dari bahan-bahan yang mudah diperoleh
8. Menentukan bahan atau benda dan alat yang sesuai
9. Membuat model sesuai rancangannya
10. Menguji model rancangannya
11. Menyempurnakan model
12. Menerapkan prinsip-prinsip keselamatan,
kesehatan, dan keamanan kerja serta menjaga
kebersihan

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
1. Menentukan karya atau model yang dibuat, misalnya roket dari kertas, baling-baling, parasut, dan pesawat kertas;
2. menentukan bahan atau alat yang digunakan;
3. membuat karya atau model sesuai dengan rancangan;
4. menguji karya atau model yang dibuat dan menyempurnakannya;
5. menerapkan keamanan kerja dan menjaga kebersihan lingkungan kerja;
6. menyimpulkan bentuk rancangan terbaik;
7. menentukan karya atau model yang akan dibuat, misalnya trompet, suling, atau peredam suara dari bahan-bahan yang mudah diperoleh;
8. menentukan bahan atau benda dan alat yang sesuai;
9. membuat model sesuai rancangannya;
10. menguji model rancangannya;
11. menyempurnakan model;
12. menerapkan prinsip-prinsip keselamatan, kesehatan, dan keamanan kerja serta menjaga kebersihan.
II. Materi Pembelajaran
Penerapan energi gerak dan energi bunyi
III. Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, demonstrasi, dan kegiatan laboratorium
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
• Pertemuan Ke-17
a. Kegiatan Awal
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan penerapan energi gerak dan energi bunyi dalam kehidupan sehari-hari.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan benda yang bergerak karena udara, antara lain roket, parasut, dan pesawat kertas.
b. Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian roket.
2. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 12.1 agar dapat menjelaskan prinsip kerja roket.
c. Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan prinsip kerja roket.
• Pertemuan Ke-18
a. Kegiatan Awal
1. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian parasut.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan prinsip kerja parasut.
b. Kegiatan Inti
1. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 12.2 untuk membuat parasut.
2. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pesawat.
3. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 12.3 untuk membuat pesawat kertas.
c. Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan prinsip kerja parasut dan pesawat.
• Pertemuan Ke-19
a. Kegiataan Awal
1. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan benda yang menghasilkan bunyi dan perambatan bunyi.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi.
b. Kegiatan Inti
1. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 12.4 untuk alat yang dapat menghasilkan bunyi.
2. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan cara kerja alat musik sehingga menghasilkan bunyi yang teratur.
c. Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan cara menghasilkan bunyi yang teratur.
• Pertemuan Ke-20
a. Kegiataan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bahan yang dapat digunakan untuk meredam bunyi.
b. Kegiatan Inti
1. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 12.5 untuk mengetahui bahan yang dapat digunakan untuk meredam bunyi.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan manfaat peredam bunyi dalam kehidupan sehari-hari.
c. Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan peredaman bunyi.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Jendela IPA 4B terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri halaman 51–60
• Karton tipis
• Gunting
• Sedotan plastic
• Balon
• Lem
• Jarum
• Benang
• Penjepit kertas
• Selotip
• Jangka
• Plastisin
• Botol bening
• Charta penerapan energi gerak dan energi bunyi
• Alat-alat tulis
VI. Penilaian
• Keaktifan dalam menjawab pertanyaan, sikap, dan tingkah laku. Contoh lembar pengamatan terlampir.
• Membuat prakarya pada Kegiatan 12.1, 12.2, 12.3, dan 12,4




Mengetahui Dilaksanakan, ........................
Kepala Sekolah, Guru Kelas,



(__________________) (__________________)
NIP. ............................. NIP. .............................


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : ....
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : 21–24
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 9. Memahami perubahan kenampakan permukaan
bumi dan benda langit
Kompetensi Dasar : 9.1 Mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi
9.2 Mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan
benda langit dari hari ke hari
Indikator : 1. Mengidentifikasi perubahan daratan yang
disebabkan oleh air dan udara, misalnya perubahan akibat pasangsurut air laut, badai, erosi, dan kebakaran
2. Menjelaskan pengaruh air laut pasang dan surut bagi nelayan dan dermaga yang dangkal
3. Mengumpulkan informasi tentang pengaruh erosi
bagi tanaman
4. Mengumpulkan informasi pengaruh kebakaran
hutan bagi hewan
5. Mengidentifikasi kedudukan benda langit, misalnya
mengamati penampakan benda-benda langit, waktu dan posisi matahari terbit dan tenggelam, dan penampakan bulan dari hari ke hari
6. Mencari informasi tentang kedudukan benda langit

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan kamu mampu
1. Mengidentifikasi perubahan daratan yang disebabkan oleh air dan udara, misalnya perubahan akibat pasang-surut air laut, badai, erosi, dan kebakaran;
2. menjelaskan pengaruh air laut pasang dan surut bagi nelayan dan dermaga yang dangkal;
3. mengumpulkan informasi tentang pengaruh erosi bagi tanaman;
4. mengumpulkan informasi pengaruh kebakaran hutan bagi hewan;
5. mengidentifikasi kedudukan benda langit, misalnya mengamati penampakan benda-benda langit, waktu dan posisi matahari terbit dan tenggelam, dan penampakan bulan dari hari ke hari;
6. mencari informasi tentang kedudukan benda langit.
II. Materi Pembelajaran
Bumi dan langit
III. Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, demonstrasi, dan kegiatan laboratorium
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
• Pertemuan Ke-21
a. Kegiatan Awal
1. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan perubahan yang terjadi di permukaan bumi dan langit.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan penyebab perubahan di permukaan bumi, antara lain udara, air, dan api.
b. Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perubahan yang terjadi di permukaan bumi yang disebabkan oleh air, antara lain pasang surut air laut.
2. Dengan dipandu guru, siswa mendeskrikpsikan terjadinya pasang surut air laut.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pengaruh pasang surut air laut, terutama yang terjadi di daerah pantai dan dermaga.
4. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan terjadinya erosi.
c. Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan proses terjadinya pasang surut air laut dan pengaruhnya bagi kehidupan manusia serta terjadinya erosi.
• Pertemuan Ke-22
a. Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perubahan di permukaan bumi yang disebabkan oleh angin dan api.
b. Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kegunaan angin dalam kehidupan sehari-hari.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kerugian angin dalam kehidupan sehari-hari.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kegunaan api dalam kehidupan sehari-hari.
4. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kerugian api dalam kehidupan sehari-hari.
c. Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan kegunaan dan kerugian angin
serta api dalam kehidupan sehari-hari.
• Pertemuan Ke-23
a. Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perubahan di benda langit jika diamati dari permukaan bumi pada siang hari.
b. Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perubahan kenampakan matahari dari pagi hingga sore hari.
2. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 13.1 untuk mengetahui perubahan kenampakan matahari jika diamati dari muka bumi.
3. Dengan dibimbing guru, siswa menyebutkan manfaat perubahan kenampakan matahari jika diamati dari bumi.
c. Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan perubahan kenampakan matahari jika diamati dari muka bumi dari pagi hingga sore hari.
• Pertemuan Ke-24
a. Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perubahan di benda langit jika diamati dari muka bumi pada malam hari.
b. Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perubahan kenampakan bulan dari hari ke hari berikutnya selama sebulan.
2. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 13.2 untuk mengetahui perubahan kenampakan bulan jika diamati dari muka bumi.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan manfaat perubahan kenampakan bulan yang diamati dari bumi selama sebulan.
4. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perubahan kenampakan bintang jika diamati dari bumi.
c. Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan perubahan kenampakan bulan dan bintang jika diamati dari muka bumi.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Jendela IPA 4B terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri halaman 61–74
• Sebatang kayu sepanjang 20 cm
• Charta perubahan di bumi dan di langit
• Alat-alat tulis
VI. Penilaian
• Keaktifan dalam menjawab pertanyaan, sikap, dan tingkah laku. Contoh lembar pengamatan terlampir.
• Mengerjakan soal latihan pada halaman 72–74




Mengetahui Dilaksanakan, ........................
Kepala Sekolah, Guru Kelas,



(__________________) (__________________)
NIP. ............................. NIP. .............................


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : ....
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : 25–28
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 10. Memahami perubahan lingkungan fisik dan
pengaruhnya terhadap daratan
Kompetensi Dasar : 10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan
lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari,
dan gelombang air laut)
10.2 Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik
terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)
10.3 Mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan
lingkungan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)
Indikator : 1. Mengidentifikasi berbagai faktor penyebab
perubahan lingkungan fisik
2. Menjelaskan pengaruh faktor penyebab perubahan
lingkungan terhadap daratan (angin, hujan, cahaya
matahari, dan gelombang laut)
3. Mendemonstrasikan proses terjadinya erosi pada
permukaan tanah
4. Mengidentifikasi cara mencegah erosi tanah dan
Abrasi

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
1. mengidentifikasi berbagai faktor penyebab perubahan lingkungan fisik;
2. menjelaskan pengaruh faktor penyebab perubahan lingkungan terhadap daratan (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang laut);
3. mendemonstrasikan proses terjadinya erosi pada permukaan tanah;
4. mengidentifikasi cara mencegah erosi tanah dan abrasi.
II. Materi Pembelajaran
Perubahan lingkungan fisik
III. Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, demonstrasi, dan kegiatan laboratorium
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
• Pertemuan Ke-25
a. Kegiatan Awal
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan penyebab perubahan lingkungan fisik.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perubahan lingkungan fisik yang disebabkan oleh angin dan hujan.
b. Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian angin.
2. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 14.1 untuk mengetahui adanya angin.
3. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian angin darat dan angin laut.
4. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pengaruh adanya angin darat dan angin laut terhadap keadaan daerah pantai.
5. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan keuntungan dan kerugian yang dapat ditimbulkan oleh angin.
6. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan proses terjadinya hujan.
7. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan keuntungan dan kerugian hujan.
c. Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan terjadinya angin dan hujan, proses terjadinya, serta keuntungan dan kerugiannya.
• Pertemuan Ke-26
a. Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perubahan lingkungan fisik yang disebabkan oleh cahaya matahari dan gelombang laut.
b. Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perubahan lingkungan fisik yang disebabkan cahaya matahari.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perubahan lingkungan fisik yang disebabkan gelombang laut.
c. Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan perubahan lingkungan fisik yang sebabkan oleh cahaya matahari dan gelombang laut.
• Pertemuan Ke-27
a. Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian erosi.
b. Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan proses terjadinya erosi tanah.
2. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 14.2 untuk mengetahui cara mencegah erosi.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kerugian yang disebabkan oleh erosi.
4. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara untuk mencegah erosi.
c. Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan kerugian dan cara mencegah erosi.
• Pertemuan Ke-28
a. Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian abrasi.
b. Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan proses terjadinya abrasi.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kerugian yang disebabkan oleh abrasi.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara untuk mencegah abrasi.
c. Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan kerugian dan cara mencegah abrasi.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Jendela IPA 4B terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri halaman 75–88
• Balon
• Nampan
• Tanah
• Rumput
• Gembor
• Charta perubahan lingkungan fisik
• Alat-alat tulis
VI. Penilaian
• Keaktifan dalam menjawab pertanyaan, sikap, dan tingkah laku. Contoh lembar pengamatan terlampir.
• Mengerjakan soal latihan pada halaman 86–88




Mengetahui Dilaksanakan, ........................
Kepala Sekolah, Guru Kelas,




(__________________) (__________________)
NIP. ............................. NIP. .............................


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : ....
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : 29–32
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 11. Memahami hubungan antara sumber daya alam
dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
Kompetensi Dasar : 11.1 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam
dengan lingkungan
11.2 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam
dengan teknologi yang digunakan
11.3 Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam
terhadap pelestarian lingkungan
Indikator : 1. Memberi contoh berbagai sumber daya alam dan
hasilnya
2. Menggolongkan benda menurut asalnya, misalnya
daging dari hewan, logam dari mineral, meja atau
kursi dari kayu
3. Mengidentifikasi hasil teknologi yang digunakan
manusia yang menggunakan sumber daya alam,
misalnya kertas dari kayu, pakaian dari kapas
4. Menjelaskan tingkat kemudahan pengambilan hasil
laut, sungai, hutan, tanah galian tanpa pelestarian
5. Mengumpulkan informasi tentang dampak
pengambilan sumber daya alam tanpa ada usaha
pelestarian terhadap lingkungan
6. Merancang teknologi sederhana pendaurulangan
Bahan bahan bekas
7. Membuat produk baru bernilai ekonomis dari bahan
bahan buangan

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
1. memberi contoh berbagai sumber daya alam dan hasilnya;
2. menggolongkan benda menurut asalnya, misalnya daging dari hewan, logam dari mineral, meja atau kursi daari kayu;
3. mengidentifikasi hasil teknologi yang digunakan manusia yang menggunakan sumber daya alam, misalnya kertas dari kayu, pakaian dari kapas;
4. menjelaskan tingkat kemudahan pengambilan hasil laut, sungai, hutan, tanah galian tanpa pelestarian;
5. mengumpulkan informasi tentang dampak pengambilan sumber daya alam tanpa ada usaha pelestarian terhadap lingkungan;
6. merancang teknologi sederhana pendaurulangan bahan-bahan bekas;
7. membuat produk baru bernilai ekonomis dari bahan-bahan buangan.
II. Materi Pembelajaran
Sumber daya alam
III. Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, demonstrasi, dan kegiatan laboratorium
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
• Pertemuan Ke-29
a. Kegiatan Awal
1. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian sumber daya alam.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan sumber daya alam yang ada di sekitar.
b. Kegiatan Inti
1. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 15.1 untuk mengetahui sumber daya alam.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan benda yang berasal dari tumbuhan.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan benda yang berasal dari hewan.
4. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan benda yang berasal dari mineral.
c. Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan sumber daya alam yang berasal dari tumbuhan, hewan, dan mineral.
• Pertemuan Ke-30
a. Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan proses penggunaan benda yang ada di sekitar baik secara langsung maupun tidak langsung
b. Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan benda yang dapat digunakan secara langsung.
2. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan proses penggunaan benda yang ada di sekitar baik secara langsung maupun tidak langsung.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan benda yang dapat digunakan secara langsung.
4. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan benda yang tidak dapat digunakan secara langsung, tetapi melalui proses pembuatan, misalnya kain dan kertas.
c. Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan penggunaan benda yang ada di sekitar.
• Pertemuan Ke-31
a. Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan proses pengambilan bahan alam.
b. Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan dampak pengambilan bahan alam tanpa usaha pelestarian.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan dampak pengambilan hasil laut dan sungai tanpa usaha pelestarian.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan dampak pengambilan hasil hutan tanpa usaha pelestarian.
4. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan dampak pengambilan tanah galian tanpa usaha pelestarian.
c. Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan dampak pengambilan bahan alam tanpa usaha pelestarian.
• Pertemuan Ke-32
a. Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian daur ulang.
b. Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pentingnya sampah didaur ulang.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pentingnya pembuatan produk yang berguna dengan bahan dasar benda yang ada di sekitar.
3. Dengan dibimbing guru guru, siswa melakukan Kegiatan 15.2 untuk membuat produk yang berguna dengan bahan dasar benda yang ada di sekitar.
c. Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan pentingnya mendaur ulang sampah.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Jendela IPA 4B terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri halaman 89–102
• Botol yang masih ada tutupnya
• Dop ban sepeda
• Minyak tanah
• Korek api
• Sumbu kompor
• Charta pemanfaatan sumber daya alam
• Alat-alat tulis
VI. Penilaian
• Keaktifan dalam menjawab pertanyaan, sikap, dan tingkah laku. Contoh lembar pengamatan terlampir.
• Mengerjakan soal latihan pada halaman 101–102.
• Mengerjakan soal latihan ulangan umum semester 2 pada halaman 103– 108.



Mengetahui Dilaksanakan, ........................
Kepala Sekolah, Guru Kelas,




(__________________) (__________________)
NIP. ............................. NIP. .............................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar