Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : 1, 2, 3, 4, dan 5
Alokasi Waktu : 10.35 menit
Standar Kompetensi : 5. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat
Kompetensi Dasar : 5.1 Mengurutkan bilangan bulat
Indikator : 1. Menunjukkan penerapan bilangan negatif dalam
masalah sehari-hari
2. Membilang dan menulis lambang bilangan bulat
3. Memberi contoh bilangan bulat positif dan negatif
4. Menentukan letak bilangan bulat pada garis
bilangan
5. Membandingkan dua bilangan bulat
6. Mengurutkan sekelompok bilangan bulat dari
terkecil atau terbesar
7. Menentukan lawan suatu bilangan
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menunjukkan penerapan bilangan negatif dalam masalah sehari hari.
2. Siswa dapat membilang dan menulis lambang bilangan bulat.
3. Siswa dapat memberi contoh bilangan bulat positif dan negatif.
4. Siswa dapat menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan.
5. Siswa dapat membandingkan dua bilangan bulat.
6. Siswa dapat mengurutkan sekelompok bilangan bulat dari terkecil atau terbesar.
7. Siswa dapat menentukan lawan suatu bilangan.
II. Materi Ajar
• Bilangan bulat
III. Metode Pembelajaran
1. Informasi/Ceramah
2. Demonstrasi
3. Diskusi
4. Tanya jawab
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
• Pertemuan ke-1 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
b. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
c. Apersepsi kemampuan prasyarat: mengenal bilangan cacah.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberi contoh permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan bilangan negatif.
b. Guru meminta siswa memberi contoh lain.
c. Guru meminta siswa mendiskusikan soal-soal yang ada di buku siswa halaman 3–10.
d. Guru memberi umpan balik.
e. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi pertanyaan penjajakan kepada siswa secara acak.
b. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan.
c. Guru memberi tugas kepada siswa.
• Pertemuan ke-2 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru membahas tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Dengan metode tanya jawab disertai contoh, guru menjelaskan materi tentang membilang dan menulis lambang bilangan bulat.
b. Guru meminta beberapa siswa menyelesaikan soal-soal yang ada di buku siswa halaman 4–5 di papan tulis.
c. Guru meminta siswa memberi contoh bilangan bulat positif dan negatif.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru meminta siswa menulis lambang bilangan bulat, kemudian siswa lain membaca lambang bilangan tersebut dan sebaliknya.
b. Guru meminta siswa mengulang kembali di rumah materi yang telah diterimanya di sekolah.
c. Guru memberi tugas PR, 3–5 soal.
• Pertemuan ke-1 (2 .35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengajak siswa mengingat sekilas materi pembelajaran yang lalu.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru membuat garis bilangan.
b. Dengan garis bilangan tersebut, guru meminta siswa menentukan letak bilangan positif, nol, dan negatif.
c. Guru memberi soal-soal yang berkaitan dengan materi yang baru saja dipelajari.
d. Kemudian, siswa diminta menyelesaikannya.
e. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
b. Guru memberi tugas PR, 3–5 soal.
• Pertemuan ke-4 (2 .35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengajak siswa mengingat sekilas materi pembelajaran yang lalu termasuk mencocokkan PR.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru menulis dua bilangan bulat yang nilainya berbeda, kemudian siswa diminta membandingkan dua bilangan bulat tersebut. Manakah yang nilainya lebih besar?
b. Selanjutnya, guru menjelaskan tentang bagaimana cara membandingkan dua bilangan bulat.
c. Guru meminta siswa secara berkelompok menyelesaikan soal-soal yang ada di buku siswa halaman 7.
d. Guru membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal.
e. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi pertanyaan penjajakan kepada siswa secara acak.
b. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
• Pertemuan ke-5 (2 .35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengajak siswa mengingat sekilas materi pembelajaran yang lalu.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Dengan metode tanya jawab disertai contoh, guru menjelaskan materi tentang mengurutkan sekelompok bilangan bulat dari terkecil atau terbesar.
b. Guru meminta siswa menyelesaikan soal-soal yang relevan. Guru dapat membuat soal sendiri atau mengambil dari buku siswa halaman 8.
c. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi pertanyaan penjajakan kepada siswa secara acak.
b. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
c. Guru memberi tugas kepada siswa.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
1. Garis bilangan
2. Buku Matematika Gemar Berhitung 4B halaman 1–10
VI. Penilaian
1. Tertulis
2. Kinerja/Perbuatan
• Sikap, tingkah laku dan perbuatan siswa, minat belajar, keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan, serta keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar.
3. Penugasan/Proyek
• Guru memeriksa dan mengecek apakah tugas yang diberikan kepada siswa dapat terselesaikan dengan baik atau tidak.
Mengetahui …………, ........................
Kepala Sekolah, Guru Matematika,
(__________________) (__________________)
NIP. ............................. NIP. .............................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : 6, 7, dan 8
Alokasi Waktu : 6 35 menit
Standar Kompetensi : 5. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat
Kompetensi Dasar : 5.2 Menjumlahkan bilangan bulat
Indikator : 1. Menjumlahkan dua bilangan positif
2. Menjumlahkan dua bilangan negatif
3. Menjumlahkan bilangan positif dan bilangan
Negative
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjumlahkan dua bilangan positif.
2. Siswa dapat menjumlahkan dua bilangan negatif.
3. Siswa dapat menjumlahkan bilangan positif dan bilangan negatif.
II. Materi Ajar
• Bilangan bulat
III. Metode Pembelajaran
1. Informasi/Ceramah
2. Demonstrasi
3. Diskusi
4. Tanya jawab
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
• Pertemuan ke-6 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
b. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberi contoh cara menjumlahkan dua bilangan positif menggunakan garis bilangan.
b. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
c. Guru meminta siswa menyelesaikan soal-soal yang ada di buku siswa halaman 11.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru meminta salah satu siswa menceritakan langkah-langkah menjumlahkan dua bilangan positif menggunakan garis bilangan di depan kelas.
b. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
c. Guru memberi tugas PR, 3–5 soal.
• Pertemuan ke-7 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengajak siswa mengingat sekilas materi pembelajaran yang lalu termasuk mencocokkan PR.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberi soal penjumlahan dua bilangan negatif.
b. Selanjutnya, guru meminta siswa mendiskusikan penyelesaiannya menggunakan garis bilangan.
c. Guru memberi tanggapan.
d. Guru meminta siswa menyelesaikan soal-soal yang relevan.
e. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru meminta siswa membuat kesimpulan.
b. Guru memberi pertanyaan secara lisan sebagai penjajakan daya serap siswa.
c. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
• Pertemuan ke-8 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengajak siswa mengingat sekilas materi pembelajaran yang lalu termasuk mencocokkan PR.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru meminta siswa mencermati contoh soal yang ada di buku siswa halaman 13.
b. Selanjutnya, siswa diminta mendiskusikan soal yang ada di kolom ”Ayo Diskusi” halaman 13.
c. Guru meminta siswa menyelesaikan soal-soal yang relevan. Soal dapat diambilkan dari buku siswa atau guru membuat soal sendiri.
d. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru meminta siswa mengulang kembali di rumah materi pelajaran yang diterimanya di sekolah.
b. Guru mengharapkan siswa agar membiasakan diri belajar kelompok di rumah.
c. Guru mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan memberi tugas kepada siswa.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
1. Garis bilangan
2. Buku Matematika Gemar Berhitung 4B halaman 11–14
VII. Penilaian
1. Tertulis
2. Kinerja/Perbuatan
• Sikap, tingkah laku dan perbuatan siswa, minat belajar, keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan, serta keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar.
3. Penugasan/Proyek
• Guru memeriksa dan mengecek apakah tugas yang diberikan kepada siswa dapat terselesaikan dengan baik atau tidak.
Mengetahui …………, ........................
Kepala Sekolah, Guru Matematika,
(__________________) (__________________)
NIP. ............................. NIP. .............................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : 9, 10, 11, dan 12
Alokasi Waktu : 8 35 menit
Standar Kompetensi : 5. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat
Kompetensi Dasar : 5.3 Mengurangkan bilangan bulat
Indikator : 1. Mengurangi bilangan positif dengan bilangan
positif
2. Mengurangi bilangan negatif dengan bilangan
negatif
3. Mengurangi bilangan positif dengan bilangan
negatif
4. Menuliskan kalimat atau pernyataan pengurangan
ke bentuk penjumlahan dan sebaliknya
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengurangi bilangan positif dengan bilangan positif.
2. Siswa dapat mengurangi bilangan negatif dengan bilangan negatif.
3. Siswa dapat mengurangi bilangan positif dengan bilangan negatif.
4. Siswa dapat menuliskan kalimat atau pernyataan pengurangan ke bentuk penjumlahan dan sebaliknya.
II. Materi Ajar
• Bilangan bulat
III. Metode Pembelajaran
1. Informasi/Ceramah
2. Demonstrasi
3. Diskusi
4. Tanya jawab
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
• Pertemuan ke-9 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengajak siswa mengingat sekilas materi pembelajaran yang lalu.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberi contoh pengurangan bilangan negatif dengan bilangan negatif menggunakan garis bilangan.
b. Guru meminta siswa mendiskusikan soal yang ada di kolom ”Ayo Diskusi” halaman 15.
c. Guru meminta siswa menyelesaikan soal-soal yang relevan.
d. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
b. Guru meminta siswa mengulang kembali di rumah materi yang telah diterimanya di sekolah.
c. Guru memberi tugas PR, 3–5 soal.
• Pertemuan ke-10 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengajak siswa mengingat sekilas materi pembelajaran yang lalu termasuk mencocokkan PR.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Dengan metode tanya jawab disertai contoh, guru menjelaskan materi tentang pengurangan bilangan negatif dengan bilangan negatif.
b. Guru meminta siswa menyelesaikan soal-soal yang ada di buku siswa halaman 16.
c. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi beberapa pertanyaan sebagai penjajakan daya serap siswa dalam menerima pelajaran.
b. Guru meminta siswa mengulang kembali di rumah materi yang telah diterimanya di sekolah.
• Pertemuan ke-11 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengajak siswa mengingat sekilas materi pembelajaran yang lalu.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru meminta beberapa siswa menyelesaikan soal-soal halaman 17 di papan tulis.
b. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
c. Agar kegiatan pembelajaran tidak membosankan dan fun, guru mengadakan permainan yang ada kaitannya dengan matematika.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru meminta siswa menceritakan kembali materi apa yang diterimanya pada pertemuan ini.
b. Guru memberi tugas kepada siswa.
• Pertemuan ke-12 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengajak siswa mengingat sekilas materi pembelajaran yang lalu.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberi contoh kalimat penjumlahan, kemudian meminta siswa mengubah kalimat tersebut menjadi kalimat pengurangan.
b. Guru meminta siswa membuat kalimat pengurangan, kemudian siswa yang lain diminta mengubahnya menjadi kalimat penjumlahan.
c. Guru meminta siswa menyelesaikan soal-soal yang relevan. Soal dapat diambilkan dari buku siswa atau dibuat sendiri oleh guru.
d. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
b. Guru meminta siswa mengulang kembali di rumah materi yang telah diterimanya di sekolah.
c. Guru memberi tugas PR, 3–5 soal.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
1. Garis bilangan
2. Buku Matematika Gemar Berhitung 4B halaman 15–19
VI. Penilaian
1. Tertulis
2. Kinerja/Perbuatan
• Sikap, tingkah laku dan perbuatan siswa, minat belajar, keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan, serta keaktifan siswa dalam prosesbelajar mengajar.
3. Penugasan/Proyek
• Guru memeriksa dan mengecek apakah tugas yang diberikan kepada siswa dapat terselesaikan dengan baik atau tidak.
Mengetahui …………, ........................
Kepala Sekolah, Guru Matematika,
(__________________) (__________________)
NIP. ............................. NIP. .............................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : 13, 14, dan 15
Alokasi Waktu : 6 35 menit
Standar Kompetensi : 5. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat
Kompetensi Dasar : 5.4 Melakukan operasi hitung campuran
Indikator : 1. Melakukan operasi penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat
2. Memecahkan masalah sehari-hari yang
melibatkan perhitungan bilangan bulat
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
2. Siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perhitungan bilangan bulat.
II. Materi Ajar
• Bilangan bulat
III. Metode Pembelajaran
1. Informasi/Ceramah
2. Demonstrasi
3. Diskusi
4. Tanya jawab
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
• Pertemuan ke-13 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengajak siswa mengingat sekilas materi pembelajaran yang lalu.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
• Guru menulis contoh soal yang berkaitan dengan operasi hitung campuran menjumlah dan mengurangkan.
• Dengan contoh tersebut, siswa diminta menyelesaikannya.
• Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
• Guru meminta siswa menyelesaikan soal-soal yang relevan. Soal dapat diambilkan dari buku siswa atau dibuat sendiri oleh guru.
3. Kegiatan Akhir
• Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
• Guru meminta siswa mengulang kembali di rumah materi yang telah diterimanya di sekolah.
• Guru memberi tugas kepada siswa. Tugas dapat diambilkan dari buku siswa halaman 20.
• Bilangan Pertemuan ke-14 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru membahas tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Dengan metode tanya jawab disertai contoh, guru menjelaskan tentang materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat seperti contoh pada buku siswa halaman 20.
b. Guru meminta siswa aktif berdiskusi menyelesaikan soal-soal yang ada di buku siswa halaman 21 dan soal dari guru.
c. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi pertanyaan penjajakan kepada siswa secara acak.
b. Guru meminta siswa mencoba menyelesaikan soal yang ada di kolom ”Kuis Matematika” halaman 21.
c. Guru meminta siswa mengulang kembali di rumah materi yang telah diterimanya di sekolah.
• Bilangan Pertemuan ke-15(2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
b. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru meminta siswa memberi contoh permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan perhitungan bilangan bulat.
b. Dari contoh-contoh tersebut, guru menjelaskan penyelesaiannya.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
b. Guru meminta siswa mengulang kembali di rumah materi yang telah diterimanya di sekolah.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
1. Garis bilangan
2. Kalkulator
3. Buku Matematika Gemar Berhitung 4B halaman 19–24
VI. Penilaian
1. Tertulis
2. Kinerja/Perbuatan
• Sikap, tingkah laku dan perbuatan siswa, minat belajar, keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan, serta keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar.
3. Penugasan/Proyek
• Guru memeriksa dan mengecek apakah tugas yang diberikan kepada siswa dapat terselesaikan dengan baik atau tidak.
Mengetahui …………, ........................
Kepala Sekolah, Guru Matematika,
(__________________) (__________________)
NIP. ............................. NIP. .............................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : 16, 17, 18, 19, dan 20
Alokasi Waktu : 10 35 menit
Standar Kompetensi : 6. Menggunakan pecahan dalam pemecahan
masalah
Kompetensi Dasar : 6.1 Menjelaskan arti pecahan dan urutannya
Indikator : 1. Mengenal arti pecahan sebagai beberapa bagian
dari keseluruhan
2. Menyelesaikan soal cerita yang mengandung arti
pecahan
3. Mengenal kembali pecahan 12 dan 14
4. Mengenal kembali pecahan 13 dan 16
5. Mengenal kembali pecahan 15,18 dan 110
6. Menuliskan letak pecahan pada garis bilangan
7. Membandingkan pecahan berpenyebut sama
8. Mengurutkan pecahan berpenyebut sama
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengenal arti pecahan sebagai beberapa bagian dari keseluruhan.
2. Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang mengandung arti pecahan.
3. Siswa dapat mengenal kembali pecahan 12 dan 14
4. Siswa dapat mengenal kembali pecahan 13 dan 16
5. Siswa dapat mengenal kembali pecahan 15,18 dan 110
6. Siswa dapat menuliskan letak pecahan pada garis bilangan.
7. Siswa dapat membandingkan pecahan berpenyebut sama.
8. Siswa dapat mengurutkan pecahan berpenyebut sama.
II. Materi Ajar
• Pecahan
III. Metode Pembelajaran
1. Informasi/Ceramah
2. Demonstrasi
3. Diskusi
4. Tanya jawab
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
• Pertemuan ke-16 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
• Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
• Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
• Apersepsi kemampuan prasyarat: pecahan 12,13,15,18,14,16 dan 110
2. Kegiatan Inti
• Dengan gambar atau alat peraga, guru mengenalkan arti pecahan sebagai beberapa bagian dari keseluruhan.
• Guru membimbing siswa menyelesaikan soal-soal yang ada di buku siswa halaman 31.
• Guru meminta siswa melanjutkan menyelesaikan ”Soal Mencongak” pada halaman 32 dengan teman sebangku.
• Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
• Guru memberi pertanyaan penjajakan kepada siswa secara acak.
• Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
• Pertemuan ke-17 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengajak siswa mengingat sekilas materi pembelajaran yang lalu.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
d. Guru mengajak siswa mempersiapkan alat peraga, misalnya buah apel, kertas, dan lingkaran dari kertas karton.
2. Kegiatan Inti
a. Guru meminta salah satu siswa membelah apel menjadi 2 bagian. Dari kegiatan tersebut, guru mengenalkan kembali tentang pecahan 12
b. Kegiatan dilanjutkan dengan alat peraga yang lain untuk mengingatkan kembali tentang pecahan 13,14,15,16,18 dan 110
c. Guru meminta siswa mengerjakan soal-soal yang ada di buku siswa halaman 35–37 secara lisan.
d. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru meminta siswa menyelesaikan tugas yang ada di kolom ”Tugas Untukmu” halaman 36.
b. Guru meminta siswa mengulang kembali di rumah materi yang telah diterimanya di sekolah.
• Pertemuan ke-18 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
b. Guru mengajak siswa mengingat sekilas materi pembelajaran yang lalu.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberi contoh cara menentukan letak pecahan 12 pada garis bilangan.
b. Gurumeminta beberapa siswa menentukan letak pecahan lain pada garis bilangan.
c. Guru meminta siswa berdiskusi menyelesaikan soal-soal yang ada di buku siswa halaman 37–38.
d. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi pertanyaan penjajakan kepada siswa secara acak.
b. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan.
c. Guru memberi tugas PR, 3–5 soal.
• Pertemuan ke-19 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
b. Guru mengajak siswa mengingat sekilas materi pembelajaran yang lalu termasuk mencocokkan PR.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Dengan menggunakan garis bilangan, guru menjelaskan bagaimana membandingkan dua pecahan berpenyebut sama.
b. Guru meminta siswa menyelesaikan soal-soal yang relevan.
c. Guru meminta siswa mendiskusikan contoh soal yang ada di buku siswa halaman 39, kemudian menyelesaikan soal-soalnya.
d. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi pertanyaan penjajakan kepada siswa secara acak.
b. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan.
c. Guru memberi tugas PR, 3–5 soal.
• Pertemuan ke-20 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
b. Guru mengajak siswa mengingat sekilas materi pembelajaran yang lalu termasuk mencocokkan PR.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
d. Apersepsi kemampuan prasyarat: membandingkan dua pecahan.
2. Kegiatan Inti
a. Guru menulis tiga pecahan berpenyebut sama yang nilainya berbeda. Kemudian, salah satu siswa diminta mengurutkan dari terkecil atau terbesar.
b. Untuk meningkatkan pemahaman siswa, guru dapat memberi contoh lain.
c. Guru meminta siswa menyelesaikan soal-soal yang ada di buku siswa halaman 41.
d. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberikan beberapa pertanyaan penjajakan kepada siswa secara acak.
b. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan.
c. Guru meminta siswa mengulang kembali di rumah materi yang telah diterimanya di sekolah.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
1. Garis bilangan
2. Gambar
3. Buku Matematika Gemar Berhitung 4B halaman 29–41
VI. Penilaian
1. Tertulis
2. Kinerja/Perbuatan
• Sikap, tingkah laku dan perbuatan siswa, minat belajar, keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan, serta keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar.
3. Penugasan/Proyek
• Guru memeriksa dan mengecek apakah tugas yang diberikan kepada siswa dapat terselesaikan dengan baik atau tidak.
Mengetahui …………, ........................
Kepala Sekolah, Guru Matematika,
(__________________) (__________________)
NIP. ............................. NIP. .............................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : 21, 22, 23, 24, dan 25
Alokasi Waktu : 10 35 menit
Standar Kompetensi : 6. Menggunakan pecahan dalam pemecahan
masalah
Kompetensi Dasar : 6.2 Menyederhanakan berbagai bentuk pecahan
Indikator : 1. Menentukan pecahan-pecahan yang senilai dari
suatu pecahan
2. Menyederhanakan pecahan
3. Menyatakan pecahan sebagai pembagian
4. Menentukan nilai tempat pada pecahan desimal
5. Mengubah pecahan biasa ke bentuk decimal
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menentukan pecahan-pecahan yang senilai dari suatu pecahan.
2. Siswa dapat menyederhanakan pecahan.
3. Siswa dapat menyatakan pecahan sebagai pembagian.
4. Siswa dapat menentukan nilai tempat pada pecahan desimal.
5. Siswa dapat mengubah pecahan biasa ke bentuk desimal.
II. Materi Ajar
• Pecahan
III. Metode Pembelajaran
1. Informasi/Ceramah
2. Demonstrasi
3. Diskusi
4. Tanya jawab
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
• Pertemuan ke-21 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
b. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Dengan menggunakan garis bilangan, guru menjelaskan bagaimana cara menentukan pecahan senilai.
b. Guru meminta siswa menyelesaikan soal pada buku siswa halaman 42.
c. Guru membimbing siswa menentukan pecahan senilai tanpa menggunakan garis bilangan.
d. Guru meminta beberapa siswa menyelesaikan soal-soal yang ada di buku siswa halaman 43–44 di papan tulis.
e. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru meminta siswa mengerjakan ”Soal Mencongak” dengan teman sebangku.
b. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
c. Guru meminta siswa mengulang kembali di rumah materi yang telah diterimanya di sekolah.
• Pertemuan ke-22 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
b. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
c. Apersepsi kemampuan prasyarat: FPB dari dua bilangan atau tiga bilangan.
2. Kegiatan Inti
a. Dengan metode tanya jawab disertai contoh, guru menjelaskan materi tentang menyederhanakan pecahan beserta langkah-langkahnya.
b. Guru meminta salah satu siswa memberi contoh lain.
c. Guru meminta siswa menyelesaikan soal-soal yang relevan. Soal dapat diambilkan dari buku siswa atau dibuat sendiri oleh guru.
d. Untuk meningkatkan pemahaman siswa, guru dapat memberi variasi soal yang lain.
e. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru menunjuk beberapa siswa membuat soal, kemudian siswa yang lain menjawabnya.
b. Guru meminta siswa mengulang kembali di rumah materi yang telah diterimanya di sekolah.
c. Guru memberi tugas PR, 3–5 soal.
• Pertemuan ke-23 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru membahas tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru membawa satu potong kue (atau benda yang lain). Kemudian, salah satu siswa diminta membagi kue tersebut menjadi 2 bagian atau 4 bagian.
b. Dari kegiatan tersebut, guru menjelaskan bahwa pecahan dapat dinyatakan sebagai pembagian.
c. Guru meminta siswa aktif berdiskusi menyelesaikan soal-soal pada buku siswa halaman 48.
d. Guru meminta beberapa siswa menyampaikan hasil pekerjaannya di depan kelas.
e. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
b. Guru meminta siswa mengulang kembali di rumah materi yang telah diterimanya di sekolah.
• Pertemuan ke-24 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengajak siswa mengingat sekilas materi pembelajaran yang lalu.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
d. Apersepsi kemampuan prasyarat: nilai tempat bilangan cacah.
2. Kegiatan Inti
a. Guru menulis beberapa pecahan desimal di papan tulis.
b. Selanjutnya, guru menjelaskan tentang nilai tempat pecahan decimal tersebut.
c. Guru memberi soal-soal yang relevan, kemudian siswa diminta menyelesaikannya.
d. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi pertanyaan secara lisan sebagai penjajakan kemampuan daya serap siswa.
b. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
c. Guru memberi tugas kepada siswa. Tugas dapat diambilkan dari buku siswa halaman 34.
• Pertemuan ke-25 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru membahas tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru meminta siswa mendiskusikan contoh soal yang ada di buku siswa halaman 50.
b. Guru meminta salah satu siswa menyampaikan hasil diskusi di depan kelas.
c. Selanjutnya, guru meminta siswa menyelesaikan soal-soal yang ada di buku siswa halaman 50.
d. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
• Guru memberi tugas PR, 3–5 soal.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Matematika Gemar Berhitung 4B halaman 41–51
VI. Penilaian
1. Tertulis
2. Kinerja/Perbuatan
• Sikap, tingkah laku dan perbuatan siswa, minat belajar, keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan, serta keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar.
3. Penugasan/Proyek
• Guru memeriksa dan mengecek apakah tugas yang diberikan kepada siswa dapat terselesaikan dengan baik atau tidak.
Mengetahui …………, ........................
Kepala Sekolah, Guru Matematika,
(__________________) (__________________)
NIP. ............................. NIP. .............................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : 26, 27, dan 28
Alokasi Waktu : 6 35 menit
Standar Kompetensi : 6. Menggunakan pecahan dalam pemecahan
masalah
Kompetensi Dasar : 6.3 Menjumlahkan pecahan
Indikator : 1. Melakukan operasi hitung penjumlahan
berpenyebut sama
2. Menjumlahkan pecahan satu desimal dan satu
desimal
3. Menjumlahkan pecahan dua desimal dan dua
desimal
4. Menjumlahkan tiga pecahan desimal berturut-turut
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan operasi hitung penjumlahan berpenyebut sama.
2. Siswa dapat menjumlahkan pecahan satu desimal dan satu desimal.
3. Siswa dapat menjumlahkan pecahan dua desimal dan dua desimal.
4. Siswa dapat menjumlahkan tiga pecahan desimal berturut-turut.
II. Materi Ajar
• Pecahan
III. Metode Pembelajaran
1. Informasi/Ceramah
2. Demonstrasi
3. Diskusi
4. Tanya jawab
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
• Pertemuan ke-26 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengajak siswa mengingat sekilas materi pembelajaran yang lalu.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
• Dengan metode ceramah, guru menjelaskan tentang materi operasi hitung penjumlahan pecahan berpenyebut sama. Dalam menjelaskan materi, guru dapat menggunakan gambar.
• Guru meminta siswa menyelesaikan soal-soal yang terkait dengan materi yang baru saja dipelajari.
• Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
• Guru memberi pertanyaan penjajakan kepada siswa secara acak.
• Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
• Guru memberi tugas PR, 3–5 soal.
• Pertemuan ke-27 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengajak siswa mengingat sekilas materi pembelajaran yang lalu termasuk mencocokkan PR.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
d. Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok.
2. Kegiatan Inti
a. Dengan metode tanya jawab disertai contoh, guru menjelaskan materi tentang penjumlahan pecahan satu desimal dan pecahan satu desimal.
b. Guru memberi soal-soal yang relevan, kemudian siswa diminta menyelesaikannya di buku tugas.
c. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
d. Guru meminta siswa mencermati contoh soal yang ada di buku siswa halaman 54, kemudian berlatih menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi yang baru saja dipelajari.
e. Guru membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
b. Guru memberi tugas PR, 3–5 soal.
• Pertemuan ke-28 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengajak siswa mengingat sekilas materi pembelajaran yang lalu termasuk mencocokkan PR.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberi contoh operasi penjumlahan pecahan dua desimal dan pecahan dua desimal.
b. Kemudian, guru memberi soal-soal yang relevan dan siswa diminta menyelesaikannya. Soal dapat diambilkan dari buku siswa atau buku referensi lain.
c. Guru melanjutkan proses pembelajaran dengan menjelaskan tentang materi penjumlahan tiga pecahan desimal berturut-turut.
d. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
b. Guru memberi tugas PR, 3–5 soal.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Matematika Gemar Berhitung 4B halaman 51–57
VI. Penilaian
1. Tertulis
2. Kinerja/Perbuatan
• Sikap, tingkah laku dan perbuatan siswa, minat belajar, keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan, serta keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar.
3. Penugasan/Proyek
• Guru memeriksa dan mengecek apakah tugas yang diberikan kepada siswa dapat terselesaikan dengan baik atau tidak.
Mengetahui …………, ........................
Kepala Sekolah, Guru Matematika,
(__________________) (__________________)
NIP. ............................. NIP. .............................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : 29, 30, 31, dan 32
Alokasi Waktu : 8 35 menit
Standar Kompetensi : 6. Menggunakan pecahan dalam pemecahan
masalah
Kompetensi Dasar : 6.4 Mengurangkan pecahan
Indikator : 1. Melakukan operasi hitung pengurangan
berpenyebut sama
2. Melakukan operasi pengurangan pecahan satu
decimal dan satu desimal
3. Melakukan operasi pengurangan pecahan dua
decimal dan dua desimal
4. Mengurangi suatu pecahan desimal dengan dua
pecahan desimal lain berturut-turut
5. Membulatkan pecahan desimal ke satuan
Terdekat
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan operasi hitung pengurangan berpenyebut sama.
2. Siswa dapat melakukan operasi pengurangan pecahan satu desimal dan satu desimal.
3. Siswa dapat melakukan operasi pengurangan pecahan dua desimal dan dua desimal.
4. Siswa dapat mengurangi suatu pecahan desimal dengan dua pecahan decimal lain berturut-turut.
5. Siswa dapat membulatkan pecahan desimal ke satuan terdekat.
II. Materi Ajar
• Pecahan
III. Metode Pembelajaran
1. Informasi/Ceramah
2. Demonstrasi
3. Diskusi
4. Tanya jawab
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
• Pertemuan ke-29 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengajak siswa mengingat sekilas materi pembelajaran yang lalu.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Dengan metode ceramah, guru menjelaskan materi tentang pengurangan pecahan berpenyebut sama.
b. Guru meminta siswa menyelesaikan soal-soal yang relevan. Soal-soal dapat diambilkan dari buku siswa halaman 58 atau buku referensi lain.
c. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru meminta beberapa siswa menyelesaikan soal-soal yang ada di kolom ”Berani Mencoba” halaman 58.
b. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa yang dapat menjawab soal dengan benar.
c. Guru memberi tugas kepada siswa.
• Pertemuan ke-30 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengajak siswa mengingat sekilas materi pembelajaran yang lalu.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberi contoh soal pengurangan pecahan satu desimal dan satu desimal.
b. Guru membimbing siswa menyelesaikan soal tersebut.
c. Guru memberi contoh soal pengurangan pecahan dua desimal dan satu desimal.
d. Guru membimbing siswa menyelesaikan soal tersebut.
e. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
f. Guru meminta siswa menyelesaikan soal-soal yang relevan. Soal dapat diambilkan dari buku siswa atau dibuat sendiri oleh guru.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru meminta siswa mengulang kembali di rumah materi yang telah diterimanya di sekolah.
b. Guru memberi tugas kepada siswa.
• Pertemuan ke-31(2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru membahas tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Dengan metode tanya jawab disertai contoh, guru menjelaskan tentang materi operasi pengurangan pecahan dua desimal dan pccahan dua desimal.
b. Guru memberi soal-soal yang berkaitan dengan materi yang baru saja dipelajari dan beberapa siswa diminta menyelesaikannya di papan tulis.
c. Jika siswa sudah memahami materi yang diajarkan, guru dapat melanjutkan menjelaskan materi pengurangan tiga pecahan decimal berturut-turut.
d. Guru meminta siswa menyelesaikan soal-soal yang relevan. Soal dapat diambilkan dari buku siswa atau dibuat sendiri oleh guru.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
b. Guru meminta siswa mengulang kembali di rumah materi yang telah diterimanya di sekolah.
• Pertemuan ke-32 (2 x 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengajak siswa mengingat sekilas materi pembelajaran yang lalu.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan tentang aturan yang harus diikuti dalam membulatkan suatu bilangan.
b. Guru memberi contoh pembulatan pecahan desimal ke satuan terdekat.
c. Guru meminta siswa memberi contoh lain.
d. Guru meminta siswa menyelesaikan soal-soal yang relevan. Soal dapat diambilkan dari buku siswa atau dibuat sendiri oleh guru.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru membahas soal-soal yang relatif sulit.
b. Guru meminta siswa belajar lebih giat lagi di rumah.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Matematika Gemar Berhitung 4B halaman 57–64
VI. Penilaian
1. Tertulis
2. Kinerja/Perbuatan
• Sikap, tingkah laku dan perbuatan siswa, minat belajar, keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan, serta keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar.
3. Penugasan/Proyek
• Guru memeriksa dan mengecek apakah tugas yang diberikan kepada siswa dapat terselesaikan dengan baik atau tidak.
Mengetahui …………, ........................
Kepala Sekolah, Guru Matematika,
(__________________) (__________________)
NIP. ............................. NIP. .............................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : 33 dan 34
Alokasi Waktu : 4 35 menit
Standar Kompetensi : 6. Menggunakan pecahan dalam pemecahan
masalah
Kompetensi Dasar : 6.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
pecahan
Indikator : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
Pecahan
I. Tujuan Pembelajaran
• Siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan.
II. Materi Ajar
• Pecahan
III. Metode Pembelajaran
1. Informasi/Ceramah
2. Demonstrasi
3. Diskusi
4. Tanya jawab
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
• Pertemuan ke-33 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
b. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberi contoh permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan pecahan.
b. Guru meminta siswa memberi contoh lain.
c. Dari contoh tersebut, guru meminta siswa mendiskusikan penyelesaiannya.
d. Guru meminta siswa menyelesaikan soal-soal yang relevan.
e. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
b. Guru meminta siswa mengulang kembali di rumah materi yang telah diterimanya di sekolah.
• Pertemuan ke-34 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
b. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Untuk memperdalam pemahaman siswa, guru memberi soal-soal cerita yang berkaitan dengan pecahan. Siswa diminta menyelesaikannya.
b. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru meminta siswa membuat soal cerita, kemudian siswa yang lain menyelesaikannya dan sebaliknya.
b. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
c. Guru meminta siswa mengulang kembali di rumah materi yang telah diterimanya di sekolah.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
1. Benda-benda di sekitar siswa
2. Kalkulator
3. Buku Matematika Gemar Berhitung 4B halaman 64–68
VI. Penilaian
1. Tertulis
2. Kinerja/Perbuatan
• Sikap, tingkah laku dan perbuatan siswa, minat belajar, keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan, serta keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar.
3. Penugasan/Proyek
• Guru memeriksa dan mengecek apakah tugas yang diberikan kepada siswa dapat terselesaikan dengan baik atau tidak.
Mengetahui …………, ........................
Kepala Sekolah, Guru Matematika,
(__________________) (__________________)
NIP. ............................. NIP. .............................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : 35
Alokasi Waktu : 2 35 menit
Standar Kompetensi : 7. Menggunakan lambang bilangan Romawi
Kompetensi Dasar : 7.1 Mengenal lambang bilangan Romawi
Indikator : 1. Mengenal lambang bilangan Romawi
2. Mengenal sistem bilangan Romawi
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengenal lambang bilangan Romawi.
2. Siswa dapat mengenal sistem bilangan Romawi.
II. Materi Ajar
• Bilangan Romawi
III. Metode Pembelajaran
1. Informasi/Ceramah
2. Tanya jawab
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
• Pertemuan ke-35 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
b. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru meminta siswa memberi contoh penggunaan bilangan Romawi dalam kehidupan sehari-hari.
b. Dengan metode ceramah, guru memperkenalkan tujuh lambang dasar bilangan Romawi.
c. Dengan metode tanya jawab, guru menjelaskan aturan penulisan lambang bilangan Romawi.
d. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru meminta salah satu siswa menerangkan kembali di depan kelas materi yang baru saja diterimanya.
b. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
c. Guru meminta siswa mengulang kembali di rumah materi yang telah diterimanya di sekolah.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Matematika Gemar Berhitung 4B halaman 73–76
VI. Penilaian
1. Lisan
2. Kinerja/Perbuatan
• Sikap, tingkah laku dan perbuatan siswa, minat belajar, keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan, serta keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar.
3. Penugasan/Proyek
• Guru memeriksa dan mengecek apakah tugas yang diberikan kepada siswa dapat terselesaikan dengan baik atau tidak.
Mengetahui …………, ........................
Kepala Sekolah, Guru Matematika,
(__________________) (__________________)
NIP. ............................. NIP. .............................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : 36 dan 37
Alokasi Waktu : 4 35 menit
Standar Kompetensi : 7. Menggunakan lambang bilangan Romawi
Kompetensi Dasar : 7.2 Menyatakan bilangan cacah sebagai bilangan
Romawi dan sebaliknya
Indikator : 1. Menyatakan lambang bilangan cacah ke dalam
Lambang bilangan Romawi
2. Menyatakan lambang bilangan Romawi ke dalam
lambang bilangan cacah
3. Menggunakan bilangan Romawi dalam kehidupan
sehari-hari
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyatakan lambang bilangan cacah ke dalam lambang bilangan Romawi.
2. Siswa dapat menyatakan lambang bilangan Romawi ke dalam lambing bilangan cacah.
3. Siswa dapat menggunakan bilangan Romawi dalam kehidupan sehari-hari.
II. Materi Ajar
• Bilangan Romawi
III. Metode Pembelajaran
1. Informasi/Ceramah
2. Tanya jawab
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
• Pertemuan ke-36 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
b. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberi contoh bilangan Romawi, kemudian siswa diminta menyatakan bilangan tersebut ke dalam lambang bilangan cacah.
b. Guru memberi contoh bilangan cacah, kemudian siswa diminta menyatakannya ke dalam lambang bilangan Romawi.
c. Guru memberi soal-soal yang relevan dan siswa diminta menyelesaikannya.
d. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru meminta siswa mengerjakan ”Soal Mencongak” yang ada di buku siswa halaman 79.’
b. Guru memberi tugas kepada siswa.
• Pertemuan ke-37 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengajak siswa mengingat materi pembelajaran yang lalu.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberi contoh penggunaan bilangan Romawi dalam kehidupan sehari.
b. Selanjutnya, guru meminta siswa secara berkelompok mencari contoh lain penggunaan bilangan Romawi dalam kehidupan sehari-hari.
c. Salah satu wakil kelompok menyampaikan hasil temuannya di depan kelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi beberapa pertanyaan penjajakan kepada siswa.
b. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
c. Guru memberi tugas PR, 3–5 soal.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Matematika Gemar Berhitung 4B halaman 76–80
VI. Penilaian
1. Lisan
2. Kinerja/Perbuatan
• Sikap, tingkah laku dan perbuatan siswa, minat belajar, keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan, serta keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar.
3. Penugasan/Proyek
• Guru memeriksa dan mengecek apakah tugas yang diberikan kepada siswa dapat terselesaikan dengan baik atau tidak.
Mengetahui …………, ........................
Kepala Sekolah, Guru Matematika,
(__________________) (__________________)
NIP. ............................. NIP. .............................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : 38 dan 39
Alokasi Waktu : 4 35 menit
Standar Kompetensi : 8. Memahami sifat bangun ruang sederhana dan
Hubungan antarbangun datar
Kompetensi Dasar : 8.1 Menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana
Indikator : 1. Menyebutkan sifat-sifat bangun ruang: balok dan
kubus
2. Menggambar balok dan kubus
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bangun ruang: balok dan kubus.
2. Siswa dapat menggambar balok dan kubus.
II. Materi Ajar
• Bangun ruang sederhana dan bangun datar
III. Metode Pembelajaran
1. Informasi/Ceramah
2. Demonstrasi
3. Tanya jawab
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
• Pertemuan ke-38 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
b. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru menggambar bangun balok dan kubus.
b. Dengan gambar bangun tersebut, guru menjelaskan tentang sifat-sifat kubus dan balok menggunakan metode tanya jawab.
c. Selanjutnya, guru meminta siswa menyelesaikan soal-soal yang relevan.
d. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi beberapa pertanyaan penjajakan kepada siswa secara acak.
b. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
• Pertemuan ke-39 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengajak siswa mengingat materi pembelajaran yang lalu.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
d. Guru meminta siswa mempersiapkan alat-alat untuk menggambar, misalnya pensil, karet penghapus, dan penggaris.
2. Kegiatan Inti
a. Dengan metode ceramah, guru menjelaskan tentang tiga model dalam menggambar kubus dan balok.
b. Guru mendemonstrasikan cara menggambar bangun balok dan kubus dan menjelaskan langkah-langkahnya.
c. Guru meminta siswa mempraktikkannya.
d. Guru meminta beberapa siswa menggambar balok dan kubus di papan tulis.
e. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
b. Guru memberi tugas kepada siswa.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Matematika Gemar Berhitung 4B halaman 85–90
VI. Penilaian
1. Tertulis
2. Kinerja/Perbuatan
• Sikap, tingkah laku dan perbuatan siswa, minat belajar, keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan, serta keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar.
3. Penugasan/Proyek
• Guru memeriksa dan mengecek apakah tugas yang diberikan kepada siswa dapat terselesaikan dengan baik atau tidak.
Mengetahui …………, ........................
Kepala Sekolah, Guru Matematika,
(__________________) (__________________)
NIP. ............................. NIP. .............................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : 40 dan 41
Alokasi Waktu : 4 35 menit
Standar Kompetensi : 8. Memahami sifat bangun ruang sederhana dan
Hubungan antarbangun datar
Kompetensi Dasar : 8.2 Menentukan jaring-jaring balok dan kubus
Indikator : 1. Menentukan jaring-jaring balok
2. Menentukan jaring-jaring kubus
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menentukan jaring-jaring balok.
2. Siswa dapat menentukan jaring-jaring kubus.
II. Materi Ajar
• Bangun ruang sederhana dan bangun datar
III. Metode Pembelajaran
1. Informasi/Ceramah
2. Demonstrasi
3. Tanya jawab
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
• Pertemuan ke-40 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
b. Guru meminta siswa menyediakan kemasan barang berbentuk balok.
2. Kegiatan Inti
a. Guru meminta siswa memotong atau menyayat kemasan tersebut sepanjang rusuk-rusuknya sehingga terbuka, kemudian dibentangkan di meja.
b. Guru menjelaskan bahwa bangun datar yang terbentuk itulah yang dinamakan jaring-jaring balok.
c. Guru menjelaskan bahwa jika sayatan rusuknya berbeda, akan menghasilkan jaring-jaring yang berbeda.
d. Selanjutnya, guru meminta beberapa siswa menggambar bangun datar tersebut di papan tulis.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
b. Guru memberi tugas kepada siswa.
• Pertemuan ke-41 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
b. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
c. Guru meminta siswa menyediakan kemasan barang berbentuk kubus.
2. Kegiatan Inti
a. Guru meminta siswa memotong atau menyayat kemasan tersebut sepanjang rusuk-rusuknya sehingga terbuka, kemudian dibentangkan di meja.
b. Guru menjelaskan bahwa bangun datar yang terbentuk itulah yang dinamakan jaring-jaring kubus.
c. Guru menjelaskan bahwa jika sayatan rusuknya berbeda, akan menghasilkan jaring-jaring yang berbeda.
d. Selanjutnya, guru meminta beberapa siswa menggambar bangun datar tersebut di papan tulis.
3. Kegiatan Akhir
• Guru memberi tugas kepada siswa.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
1. Benda-benda yang ada di sekitar siswa
2. Buku Matematika Gemar Berhitung 4B halaman 90–94
VI. Penilaian
1. Tertulis
2. Kinerja/Perbuatan
• Sikap, tingkah laku dan perbuatan siswa, minat belajar, keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan, serta keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar.
3. Penugasan/Proyek
• Guru memeriksa dan mengecek apakah tugas yang diberikan kepada siswa dapat terselesaikan dengan baik atau tidak.
Mengetahui …………, ........................
Kepala Sekolah, Guru Matematika,
(__________________) (__________________)
NIP. ............................. NIP. .............................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : 42, 43, 44, 45, 46, 47, 48, dan 49
Alokasi Waktu : 16 35 menit
Standar Kompetensi : 8. Memahami sifat-sifat bangun ruang sederhana
dan hubungan antarbangun datar
Kompetensi Dasar : 8.3 Mengidentifikasi benda-benda dan bangun datar
yang simetris
Indikator : 1. Mengelompokkan dan memberi contoh bangun
datar yang simetris dan tidak simetris
2. Mengidentifikasi ciri-ciri bangun datar yang
simetris
3. Membuat bangun-bangun datar yang simetris
4. Mengenal bangun datar yang tidak simetris
5. Menggunakan garis simetri pada bangun datar
6. Menunjukkan dan menggambar bangun datar
yang simetris
7. Menentukan sumbu simetri suatu bangun datar
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengelompokkan dan memberi contoh bangun datar yang simetris dan tidak simetris.
2. Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri bangun datar yang simetris.
3. Siswa dapat membuat bangun-bangun datar yang simetris.
4. Siswa dapat mengenal bangun datar yang tidak simetris.
5. Siswa dapat menggunakan garis simetri pada bangun datar.
6. Siswa dapat menunjukkan dan menggambar bangun datar yang simetris.
7. Siswa dapat menentukan sumbu simetri suatu bangun datar.
II. Materi Ajar
• Bangun datar sederhana
III. Metode Pembelajaran
1. Informasi/Ceramah 3. Diskusi
2. Demonstrasi 4. Tanya jawab
IV. Langkah-Langkah PembelajaraN
• Pertemuan ke-42 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
b. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberi contoh bangun datar yang simetris dan tidak simetris.
b. Guru menggambar beberapa bangun datar yang simetris dan tidak simetris.
c. Guru meminta siswa mengelompokkan bangun-bangun datar tersebut, mana yang simetris dan mana yang bukan simetris.
d. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi beberapa pertanyaan penjajakan kepada siswa secara acak.
b. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
c. Guru meminta siswa mengulang kembali di rumah materi yang telah diterimanya di sekolah.
• Pertemuan ke-43 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengajak siswa mengingat sekilas materi pembelajaran yang lalu.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
d. Apersepsi kemampuan prasyarat: segitiga sama kaki, segitiga sama sisi, persegi, persegi panjang, dan lingkaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan ciri-ciri bangun segitiga, segi empat, dan lingkaran yang simetris.
b. Guru meminta siswa menyelesaikan soal-soal yang ada di buku siswa halaman 96–97.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
b. Guru meminta siswa mengulang kembali di rumah materi yang telah diterimanya di sekolah.
• Pertemuan ke-44 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
b. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajak siswa membuat bangun datar yang simetris dengan cara melipat kertas yang terlebih dahulu diberi tinta, melipat kertas kemudian mengguntingnya, dan menggunakan kertas berpetak atau papan berpaku.
b. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
b. Guru memberi tugas kepada siswa.
• Pertemuan ke-45 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengajak siswa mengingat sekilas materi pembelajaran yang lalu.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
d. Apersepsi kemampuan prasyarat: bangun datar yang simetris.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberi contoh bangun datar yang tidak simetris dengan menggambar bangun datar tersebut.
b. Guru meminta siswa memberi contoh lain.
c. Guru meminta siswa aktif berdiskusi menyelesaikan soal-soal yang terkait dengan materi yang baru saja dipelajari.
d. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
b. Guru meminta siswa mengulang kembali di rumah materi yang telah diterimanya di sekolah.
• Pertemuan ke-46 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengajak siswa mengingat sekilas materi pembelajaran yang lalu.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru menggambar bangun datar yang simetris, kemudian menentukan garis simetri atau garis sumbunya.
b. Guru menggambar bangun datar yang lain, kemudian salah satu siswa diminta menentukan garis simetrinya.
c. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
d. Guru meminta siswa menyelesaikan soal-soal yang ada di buku siswa halaman 101.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
b. Guru meminta siswa mengulang kembali di rumah materi yang telah diterimanya di sekolah.
c. Guru memberi tugas kepada siswa.
• Pertemuan ke-47 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru memeriksa dan membahas tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
d. Apersepsi kemampuan prasyarat: pengertian bangun yang simetris.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberi contoh cara menggambar bangun datar simetris pada kertas berpetak.
b. Guru meminta siswa menggambar bangun datar simetris lain di kertas berpetak.
c. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
b. Guru memberi tugas kepada siswa.
• Pertemuan ke-48 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru memeriksa dan membahas tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
b. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
d. Apersepsi kemampuan prasyarat: pengertian bangun yang simetris.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberi contoh cara menggambar bangun datar simetris pada kertas polos.
b. Selanjutnya, siswa diminta menirukannya.
c. Guru meminta siswa menyelesaikan soal yang ada di buku siswa halaman 104.
d. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar
b. Guru memberi tugas kepada siswa.
c. Guru meminta siswa mengulang kembali di rumah materi yang telah diterimanya di sekolah.
• Pertemuan ke-49 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
b. Guru meminta siswa mempersiapkan alat tulis dan kertas.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengadakan kuis. Materi kuis, yaitu bangun datar yang simetris dan tidak simetris.
b. Guru membahas beberapa materi kuis yang relatif sulit.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa yang dapat menyelesaikan soal dengan baik.
b. Guru meminta siswa belajar lebih giat lagi di rumah.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
1. Gambar yang sesuai
2. Kertas berpetak, kertas polos, tinta, dan gunting
3. Buku Matematika Gemar Berhitung 4B halaman 94–105
VI. Penilaian
1. Tertulis
2. Kinerja/Perbuatan
• Sikap, tingkah laku dan perbuatan siswa, minat belajar, keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan, serta keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar.
3. Penugasan/Proyek
• Guru memeriksa dan mengecek apakah tugas yang diberikan kepada siswa dapat terselesaikan dengan baik atau tidak.
Mengetahui …………, ........................
Kepala Sekolah, Guru Matematika,
(__________________) (__________________)
NIP. ............................. NIP. .............................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : 50 dan 51
Alokasi Waktu : 4 35 menit
Standar Kompetensi : 8. Memahami sifat-sifat bangun ruang sederhana
dan hubungan antarbangun datar
Kompetensi Dasar : 8.4 Menentukan hasil pencerminan suatu bangun
datar
Indikator : 1. Memahami pengertian pencerminan
2. Menggambar hasil pencerminan suatu bangun
Datar
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat memahami pengertian pencerminan.
2. Siswa dapat menggambar hasil pencerminan suatu bangun datar.
II. Materi Ajar
• Bangun datar sederhana
III. Metode Pembelajaran
1. Informasi/Ceramah
2. Demonstrasi
3. Diskusi
4. Tanya jawab
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
• Pertemuan ke-50 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
b. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
c. Guru mempersiapkan cermin.
2. Kegiatan Inti
a. Guru meminta salah satu siswa bercermin.
b. Selanjutnya, guru meminta siswa tersebut bercerita tentang apa yang dilihatnya.
c. Dari kegiatan tersebut, guru menjelaskan tentang pengertian pencerminan.
d. Guru memberi contoh cara menggambar hasil pencerminan suatu bangun datar.
e. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi pertanyaan penjajakan secara acak kepada siswa.
b. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
• Pertemuan ke-51 (2 35 menit)
1. Kegiatan Awal
a. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
b. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru meminta siswa menyelesaikan soal-soal yang ada di buku siswa halaman 106.
b. Guru dapat memberi variasi soal yang lain.
c. Guru meminta siswa secara berkelompok mencari soal-soal yang berkaitan dengan pencerminan di buku-buku referensi.
d. Guru meminta salah satu wakil kelompok menyampaikan hasil temuannya di depan kelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
b. Guru meminta salah satu siswa (tanpa ditunjuk) menyelesaikan soal yang ada di kolom ”Berani Mencoba” halaman 107.
c. Guru meminta siswa mengulang kembali di rumah materi yang telah diterimanya di sekolah.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
1. Gambar yang sesuai
2. Cermin
3. Kertas berpetak
4. Buku Matematika Gemar Berhitung 4B halaman 105–107
VI. Penilaian
1. Tertulis
2. Kinerja/Perbuatan
• Sikap, tingkah laku dan perbuatan siswa, minat belajar, keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan, serta keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar.
3. Penugasan/Proyek
• Guru memeriksa dan mengecek apakah tugas yang diberikan kepada siswa dapat terselesaikan dengan baik atau tidak.
Mengetahui …………, ........................
Kepala Sekolah, Guru Matematika,
(__________________) (__________________)
NIP. ............................. NIP. ............................
Ijin share ya ...blog nya bermanfaat banget nee....tks
BalasHapus