RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD ........................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : IV (Empat)
Semester : 2 (Dua)
1. Standar Kompetensi
Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat.
2. Kompetensi Dasar
Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK, dan BPK, dst.
3. Indikator
a. Menjelaskan pengertian pemerintah dan sistem pemerintahan.
b. Menjelaskan lembaga legislatif.
c. Menjelaskan lembaga eksekutif.
d. Menjelaskan lembaga yudikatif.
e. Menjelaskan Badan Pemeriksa Keuangan.
f. Menjelaskan Komisi Pemilihan Umum.
4. Alokasi Waktu: 4 x 35 menit (2 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat menjelaskan pengertian pemerintah dan sistem pemerintahan.
b. Siswa dapat menjelaskan lembaga legislatif.
c. Siswa dapat menjelaskan lembaga eksekutif.
d. Siswa dapat menjelaskan lembaga yudikatif.
e. Siswa dapat menjelaskan Badan Pemeriksa Keuangan.
f. Siswa dapat menjelaskan Komisi Pemilihan Umum.
B. Materi Ajar
a. Pengertian pemerintah.
b. Komponen pemerintahan di Indonesia.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
a. Pendekatan kontekstual.
b. Pendekatan Cooperative Learning.
c. Diskusi dengan teman sebangku.
d. Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
• Pertemuan Pertama dan kedua
A. Kegiatan Awal
a. Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b. Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan pada pagi hari sejak bangun tidur sampai anak berangkat ke sekolah.
c. Mengajak siswa untuk menyebutkan lembaga-lembaga negara (lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif) yang dibimbing oleh guru. Tanya jawab ini dikaitkan dengan sistem pemerintahan tingkat pusat yang akan dibahas.
B. Kegiatan Inti
a. Semua siswa diminta untuk membaca dan memahami pengertian pemerintah, pemerintahan, dan sistem pemerintahan.
b. Siswa menyebutkan lembaga-lembaga negara tingkat pusat (lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif).
c. Guru bercerita tentang bacaan dalam buku.
d. Bertanya jawab tentang lembaga-lembaga negara tingkat pusat, yaitu lembaga legislatif (MPR, DPR, dan DPD), eksekutif (presiden), dan yudikatif (Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi), serta BPK dan Komisi Pemilihan Umum.
e. Mengajak siswa menyimak “Saya Tambah Pandai” untuk menambah wawasan.
f. Mengajak siswa untuk berdiskusi melalui “Pertanyaan Pemahaman”.
g. Menugaskan siswa untuk memberikan laporan hasil pengamatan tentang materi yang dibahas setelah melakukan pengamatan sarana-sarana di lingkungan tempat tinggal siswa.
h. Mengajak siswa untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam buku kerja/buku paket PKn di halaman 80-84.
C. Kegiatan Penutup
a. Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
b. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi dasar.
c. Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
5. Sumber/Bahan Belajar
a. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, P.Pd.) hlm. 57-59, 60-72.
b. Orang tua.
c. Teman.
d. Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
6. Penilaian
Teknik : tugas individu.
Bentuk instrumen : penilaian lisan, penilaian sikap (pengamatan perilaku),
penilaian unjuk kerja (keberanian menyampaikan pendapat).
Contoh instrumen : Mengapa dalam suatu negara harus ada pemerintah?
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran PKn
( ………………………………. ) ( ..................................................... )
NIP NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD…………………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : IV (Empat)
Semester : 2 (Dua)
1. Standar Kompetensi
Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat.
2. Kompetensi Dasar
Menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat, seperti presiden, wakil presiden, dan para menteri.
3. Indikator
Memahami lembaga eksekutif (presiden).
4. Alokasi Waktu: 2 x 35 menit (1 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memahami lembaga eksekutif (presiden).
B. Materi Ajar
Lembaga eksekutif.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
a. Pendekatan kontekstual.
b. Pendekatan Cooperative Learning.
c. Diskusi dengan teman sebangku.
d. Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
• Pertemuan Pertama dan Kedua
A. Kegiatan Awal
a. Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b. Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan setelah pulang dari sekolah.
B. Kegiatan Inti
a. Semua siswa diminta untuk mengamati lembaga eksekutif (presiden).
b. Bertanya jawab tentang lembaga eksekutif (presiden).
C. Kegiatan Penutup
a. Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
b. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi dasar.
c. Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
5. Sumber/Bahan Belajar
a. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, P.Pd.) hlm. 57-59, 65, 66.
b. Orang tua.
c. Teman.
d. Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
6. Penilaian
Teknik : tugas individu.
Bentuk instrumen : penilaian lisan, penilaian sikap (pengamatan perilaku),
penilaian unjuk kerja (keberanian menyampaikan pendapat).
Contoh instrumen : Mengapa dalam suatu pemerintahan harus ada pemerintah
pusat?
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran PKn
( ………………………………. ) ( ..................................................... )
NIP NIP RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD .........................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : IV (Empat)
Semester : 2(Dua)
1. Standar Kompetensi
Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.
2. Kompetensi Dasar
Memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya.
3. Indikator
a. Menceritakan proses globalisasi.
b. Menyebutkan pengaruh globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan.
c. Menjelaskan sikap terhadap pengaruh globalisasi.
4. Alokasi Waktu: 4 x 35 menit (2 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat menceritakan proses globalisasi.
b. Siswa dapat menyebutkan pengaruh globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan.
c. Siswa dapat menjelaskan sikap terhadap pengaruh globalisasi.
B. Materi Ajar
a. Arti globalisasi dan sejarahnya.
b. Kita di tengah-tengah globalisasi.
c. Sikap kita terhadap globalisasi.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
a. Pendekatan kontekstual.
b. Pendekatan Cooperative Learning.
c. Diskusi dengan teman sebangku.
d. Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
• Pertemuan Pertama dan Kedua
A. Kegiatan Awal
a. Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b. Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan pada pagi hari sejak bangun tidur sampai anak berangkat ke sekolah.
c. Mengajak siswa untuk menceritakan globalisasi dan pengaruhnya yang dibimbing oleh guru.
B. Kegiatan Inti
a. Semua siswa diminta untuk mengamati cerita sejarah globalisasi.
b. Siswa pun diajak untuk memahami arti dan pengaruh globalisasi serta sikap dalam menghadapinya.
c. Guru bercerita tentang bacaan dalam buku.
d. Bertanya jawab tentang pengaruh globalisasi dan sikap siswa terhadap globalisasi.
e. Mengajak siswa menyimak “Saya Tambah Pandai” untuk menambah wawasan.
f. Mengajak siswa untuk berdiskusi melalui “Pertanyaan Pemahaman”.
g. Mengajak siswa untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam buku kerja/buku paket PKn di halaman 103-107.
C. Kegiatan Penutup
a. Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
b. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi dasar.
c. Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
5. Sumber/Bahan Belajar
a. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, P.Pd.) hlm. 85-90, 91-96, 97-98.
b. Orang tua.
c. Teman.
d. Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
6. Penilaian
Teknik : tugas individu.
Bentuk instrumen : penilaian lisan, penilaian sikap (pengamatan perilaku),
penilaian unjuk kerja (keberanian menyampaikan
pendapat).
Contoh instrumen : Mengapa globalisasi terjadi?
Mengapa permainan playstation atau game di
komputer disenangi di Indonesia?
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran PKn
( ………………………………. ) ( ..................................................... )
NIP NIP RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD ………………………….
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : IV (Empat)
Semester : 2 (Dua)
1. Standar Kompetensi
Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.
2. Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional.
3. Indikator
Menjelaskan globalisasi kebudayaan.
4. Alokasi Waktu: 2 x 35 menit (1 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan globalisasi kebudayaan.
B. Materi Ajar
Sikap kita terhadap globalisasi.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
a. Pendekatan kontekstual.
b. Pendekatan Cooperative Learning.
c. Diskusi dengan teman sebangku.
d. Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
• Pertemuan Pertama dan Kedua
A. Kegiatan Awal
a. Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b. Mengajak siswa bertanya jawab tentang kebudayaan apa saja yang ada di Indonesia.
c. Dilanjutkan dengan mengajak siswa untuk menyebutkan contoh kebudayaan di Indonesia, seperti tarian tradisional, dan contoh kebudayaan asing.
B. Kegiatan Inti
a. Semua siswa diminta untuk mengamati kebudayaan yang ada di Indonesia.
b. Bertanya jawab tentang kebudayaan di Indonesia dibandingkan dengan kebudayaan asing.
C. Kegiatan Penutup
a. Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
b. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi dasar.
c. Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
5. Sumber/Bahan Belajar
a. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, P.Pd.) hlm. 95, 96.
b. Orang tua.
c. Teman.
d. Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
6. Penilaian
Teknik : tugas individu.
Bentuk instrumen : penilaian lisan, penilaian sikap (pengamatan perilaku),
penilaian unjuk kerja (keberanian menyampaikan
pendapat).
Contoh instrumen : Apa Pengaruh globalisasi tergadap lingkungan?
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran PKn
( ………………………………. ) ( ..................................................... )
NIP NIP RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD .........................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : IV (Empat)
Semester : 2 (Dua)
1. Standar Kompetensi
Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.
2. Kompetensi Dasar
Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya.
3. Indikator
Menjelaskan sikap kita terhadap globalisasi.
4. Alokasi Waktu: 2 x 35 menit (1 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan sikap kita terhadap globalisasi.
B. Materi Ajar
Sikap kita terhadap globalisasi.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
a. Pendekatan kontekstual.
b. Pendekatan Cooperative Learning.
c. Diskusi dengan teman sebangku.
d. Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
• Pertemuan Pertama dan Kedua
A. Kegiatan Awal
a. Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b. Mengajak siswa bertanya jawab tentang globalisasi di Indonesia.
B. Kegiatan Inti
a. Semua siswa diminta untuk mengamati pengaruh globalisasi di Indonesia.
b. Mengajak siswa untuk bersikap terhadap pengaruh globalisasi.
C. Kegiatan Penutup
a. Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
b. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi dasar.
c. Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
5. Sumber/Bahan Belajar
a. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, P.Pd.) hlm. 97, 98.
b. Orang tua.
c. Teman.
d. Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
6. Penilaian
Teknik : tugas individu.
Bentuk instrumen : penilaian lisan, penilaian sikap (pengamatan perilaku),
penilaian unjuk kerja (keberanian menyampaikan pendapat).
Contoh instrumen : Bagaimana Cara kita penyikapi terhadap Globalisasi
Dilingkungan kita?
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran PKn
( ………………………………. ) ( ..................................................... )
NIP NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar