Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : ....
Alokasi Waktu : 12 x 35 menit
Standar Kompetensi : Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan
kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan
provinsi
Kompetensi Dasar : Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan
sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya
Indikator : 1. Mengidentifikasi jenis aktivitas ekonomi
masyarakat setempat yang berkaitan dengan sumber
daya alam di daratan
2. Mengidentifikasi jenis aktivitas ekonomi
masyarakat setempat yang berkaitan dengan sumber
daya alam di perairan
3. Menjelaskan potensi ekonomi di daerah pantai
4. Menjelaskan potensi ekonomi di daerah dataran
rendah
5. Menjelaskan potensi ekonomi di daerah dataran
tinggi
6. Menjelaskan potensi ekonomi di daerah pegunungan
1. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat menjelaskan bentuk aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam di daerahnya.
b. Siswa dapat menguraikan potensi ekonomi daerahnya.
2. Materi Pokok
Aktivitas dan potensi ekonomi daerah
3. Metode Pembelajaran
Tes tertulis, lisan, dan penugasan
4. Langkah Pembelajaran
• Pertemuan Ke-1
a. Kegiatan Awal
1. Guru memotivasi siswa untuk belajar lebih giat lagi di semester 2.
2. Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa tentang pengertian aktivitas ekonomi.
b. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan aktivitas ekonomi yang ditekuni oleh masyarakat. Aktivitas ekonomi dibedakan menjadi dua macam, yaitu aktivitas ekonomi di daratan dan di perairan. Guru menerangkan macam-macam aktivitas ekonomi di daratan, seperti pertanian, peternakan, kerajinan, dan pertambangan.
2. Selanjutnya, guru meminta para siswa membaca buku Cakrawala Pengetahuan Sosial 4B tentang beberapa jenis aktivitas ekonomi di daratan. Setelah selesai, guru meminta siswa menyebutkan jenis aktivitas ekonomi di daratan yang ada di daerahnya.
3. Agar lebih memahami tempat tinggalnya, siswa diminta mengisi tugas pada buku Cakrawala Pengetahuan Sosial 4B tentang aktivitas ekonomi pertanian dan peternakan.
c. Kegiatan Akhir
Guru memberikan simpulan dari materi yang baru saja diterangkan. Jika ada siswa yang belum memahami, siswa diminta mempelajari ulang materi yang belum dipahami.
• Pertemuan Ke-2
a. Kegiatan Awal
1. Guru mengulas secara sekilas materi pelajaran pada pertemuan sebelumnya.
2. Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa tentang jenis aktivitas ekonomi di perairan.
b. Kegiatan Inti
1. Guru meminta siswa membaca buku tentang aktivitas ekonomi di perairan.
2. Guru menjelaskan jenis aktivitas ekonomi di perairan, yaitu perikanan laut dan perikanan darat.
3. Guru melakukan tanya jawab tentang perikanan darat di air payau dan perikanan darat di air tawar.
4. Guru memberi pertanyaan kepada salah satu siswa tentang jenis ikan yang biasa dibudidayakan di Indonesia.
c. Kegiatan Akhir
Guru memberi kesempatan siswa untuk menanyakan materi yang belum dipahami. Selanjutnya, guru menerangkan kembali materi yang belum dipahami oleh siswa secara sekilas.
• Pertemuan Ke-3
a. Kegiatan Awal
1. Guru menerangkan bahwa pada pertemuan kali ini akan membahas materi tentang potensi ekonomi yang dimiliki oleh daerah.
2. Guru meminta siswa untuk mengemukakan pendapatnya tentang pengertian potensi ekonomi daerah.
b. Kegiatan Inti
1. Guru meminta siswa untuk membaca buku Cakrawala Pengetahuan Sosial 4B tentang potensi ekonomi daerah. Selanjutnya, guru menerangkan pengertian potensi ekonomi daerah dan potensi ekonomi daerah pantai.
2. Setelah selesai menerangkan, guru meminta siswa untuk mendiskusikan tentang potensi ekonomi lain di daerah pantai yang dapat dikembangkan lebih lanjut.
3. Siswa diminta untuk menyimpulkan materi yang telah didiskusikan.
4. Guru mengulas kesimpulan diskusi dari siswa. Kemudian, guru membahas materi yang belum jelas. Dengan diskusi ini, siswa diharapkan dapat aktif bertanya dan menguasai benar materi yang telah disampaikan.
c. Kegiatan Akhir
Siswa mampu menjelaskan pengertian potensi ekonomi daerah. Selain itu, siswa mampu menyebutkan beberapa potensi ekonomi yang dapat dikembangkan di daerah pantai.
• Pertemuan Ke-4
a. Kegiatan Awal
1. Guru membahas secara sekilas materi pada pertemuan sebelumnya.
2. Guru melakukan tanya jawab secara sekilas tentang potensi ekonomi di daerah dataran rendah, dataran tinggi, dan pegunungan.
b. Kegiatan Inti
1. Guru menerangkan beberapa potensi ekonomi yang dapat dikembangkan di daerah dataran rendah, dataran tinggi, dan pegunungan. Potensi ekonomi daerah dataran rendah, seperti sektor perdagangan dan jasa. Potensi ekonomi di daerah dataran tinggi dan pegunungan, seperti pertanian dan pariwisata.
2. Siswa diminta menyimak buku Cakrawala Pengetahuan Sosial 4B tentang potensi ekonomi di daerah dataran rendah, dataran tinggi, dan pegunungan.
3. Siswa diminta mengerjakan tugas dengan tema usaha jasa di lingkungan tempat tinggalnya.
c. Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan materi pelajaran yang telah diterangkan. Selanjutnya, siswa mengerjakan soal uji kompetensi bab VII.
5. Alat dan Sumber Belajar
a. Buku Cakrawala Pengetahuan Sosial 4B terbitan PT Tiga Serangkai.
b. Lingkungan sekitar dan gambar aktivitas ekonomi.
6. Penilaian
a. Tes Tertulis (Aspek Kognitif)
Siswa diminta untuk mengerjakan salah satu tugas pada bab VII di buku Cakrawala Pengetahuan Sosial 4B. Misalnya, siswa menyebutkan jenis pedagang di lingkungan tempat tinggalnya.
b. Tes Lisan (Aspek Kognitif)
Bentuk tes lisan dapat dibuat sendiri oleh guru. Misalnya, apa yang dimaksud dengan aktivitas ekonomi atau apa yang dimaksud dengan potensi ekonomi daerah.
c. Penugasan (Aspek Afektif)
Bentuk penugasan dapat berupa laporan pengamatan. Misalnya, siswa diminta untuk melakukan pengamatan tentang potensi ekonomi yang ada di lingkungan tempat tinggalnya. Bentuk penugasan yang lain, misalnya siswa diminta untuk membaca buku referensi di perpustakaan tentang kerajinan yang ada di Indonesia.
d. Kinerja (Aspek Afektif)
Bentuk penilaian kinerja dapat dilihat pada bentuk penilaian sikap di buku Cakrawala Pengetahuan Sosial 4B. Bentuk penilaian kinerja yang lain dapat dibuat sendiri oleh guru.
e. Portofolio (Aspek Psikomotorik)
Bentuk penilaian portofolio dapat dilihat pada buku Cakrawala Pengetahuan Sosial 4B bab VII. Tugas portofolio yang lain dapat dibuat sendiri oleh guru.
Mengetahui, ............................
Kepala Sekolah SD ……….. Guru Mata Pelajaran
(____________________) (____________________)
NIP. ................................ NIP. ................................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : ....
Alokasi Waktu : 12 x 35 menit
Standar Kompetensi : Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
Kompetensi Dasar : Mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat
Indikator : 1. Menjelaskan pengertian koperasi
2. Menceritakan sejarah berdirinya koperasi di
Indonesia
3. Menyebutkan tujuan didirikannya koperasi
4. Menyebutkan manfaat adanya koperasi
5. Mengidentifikasi jenis-jenis koperasi berdasarkan
lingkungan usahanya
6. Mengidentifikasi jenis-jenis koperasi berdasarkan
bentuk usahanya
7. Menjelaskan peranan koperasi dalam meningkatkan
kesejahteraan masyarakat
8. Membandingkan perbedaan antara koperasi dan
badan usaha lain
1. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat menjelaskan pengertian dan sejarah koperasi di Indonesia.
b. Siswa dapat mengetahui tujuan dan manfaat koperasi.
c. Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis koperasi dan bidang usahanya.
d. Siswa dapat mendeskripsikan peranan koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
e. Siswa dapat mengetahui perbedaan koperasi dengan badan usaha lain.
2. Materi Pokok
Koperasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat
3. Metode Pembelajaran
Tes tertulis, lisan, dan penugasan
4. Langkah Pembelajaran
• Pertemuan Ke-1
a. Kegiatan Awal
1. Guru menerangkan bahwa pada pelajaran ini akan membahas materi tentang pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia.
2. Guru melakukan tanya jawab secara sekilas tentang perkoperasian di Indonesia.
b. Kegiatan Inti
1. Siswa diminta untuk membaca materi buku tentang pengertian koperasi dan sejarah berdirinya koperasi di Indonesia.
2. Guru menerangkan peran koperasi dalam perekonomian bangsa Indonesia. Koperasi adalah bentuk perekonomian yang sesuai dengan UUD 1945 Pasal 33 Ayat 1.
3. Siswa diminta mencermati lambang koperasi Indonesia.
4. Guru menjelaskan tentang arti dan makna lambang koperasi Indonesia tersebut.
5. Selanjutnya, guru mengulas sejarah berdirinya koperasi di Indonesia. Perkoperasian di Indonesia mempunyai sejarah yang panjang. Dimulai sejak zaman penjajahan Belanda. Koperasi pertama di Indonesia, yaitu Hulp en Spaarbank didirikan oleh Raden Aria Wiryaatmaja.
6. Apabila di sekolah terdapat koperasi sekolah, siswa diminta mengerjakan tugas pada buku Siswa diminta membuat cerita singkat mengenai berdirinya koperasi tersebut.
c. Kegiatan Akhir
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian dan posisi koperasi dalam perekonomian bangsa Indonesia.
2. Siswa dapat menceritakan sejarah perkoperasian di Indonesia.
• Pertemuan Ke-2
a. Kegiatan Awal
1. Guru memulai pelajaran dengan ucapan salam.
2. Guru mengulas materi pembelajaran yang lalu dengan melakukan Tanya jawab.
b. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan tujuan dan manfaat koperasi. Siswa diminta menyimak materi pada buku Cakrawala Pengetahuan Sosial 4B.
2. Setelah selesai menjelaskan, guru memberikan kesempatan siswa untuk menanyakan materi pembelajaran. Jika ada siswa yang belum memahami materi, guru menerangkan kembali materi pembelajaran yang belum dipahami siswa.
3. Selanjutnya, guru mengukur penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran.Caranya, siswa diminta untuk menyebutkan kembali tujuan dan manfaat adanya koperasi.
c. Kegiatan Akhir
1. Apabila di lingkungan sekolah terdapat koperasi sekolah, guru dapat menugaskan siswa untuk melakukan pengamatan.
2. Hal-hal yang diamati adalah jenis pelayanan yang diberikan dan manfaat koperasi sekolah tersebut. Kemudian, hasil pengamatan dikerjakan di buku tugas dan dibacakan di depan kelas.
• Pertemuan Ke-3
a. Kegiatan Awal
1. Guru membuka pelajaran dengan ucapan salam. Selanjutnya, guru menanyakan tugas pekerjaan rumah yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
2. Guru melakukan tanya jawab secara sekilas tentang materi jenis-jenis koperasi dan bidang usahanya.
b. Kegiatan Inti
1. Guru menerangkan jenis-jenis koperasi berdasarkan lingkungan usahanya dan bentuk usahanya. Koperasi berdasarkan lingkungan usahanya adalah koperasi sekolah, koperasi pegawai negeri, dan koperasi unit desa. Koperasi berdasarkan bentuk usahanya adalah koperasi simpan pinjam, koperasi konsumsi, koperasi produksi, koperasi pemasaran, dan koperasi jasa.
2. Siswa diminta memerhatikan materi pembelajaran yang sedang dibahas dengan menyimak buku Cakrawala Pengetahuan Sosial 4B.
3. Apabila ada siswa yang belum memahami materi pembelajaran yang telah diterangkan, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan.
c. Kegiatan Akhir
1. Guru memberikan simpulan dari materi yang telah diterangkan.
2. Siswa diminta melakukan pengamatan tentang koperasi yang terdapat di lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Kemudian, hasil pengamatan disusun dalam bentuk tugas seperti dalam buku Cakrawala Pengetahuan Sosial 4B. Selanjutnya, hasil kerja tersebut dikumpulkan pada guru untuk dinilai.
• Pertemuan Ke-4
a. Kegiatan Awal
1. Guru membuka pelajaran dengan ucapan salam. Selanjutnya, guru menanyakan tentang tugas pengamatan yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
2. Guru memberikan pertanyaan singkat kepada siswa tentang peranan koperasi bagi kesejahteraan masyarakat.
b. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan materi tentang peranan koperasi bagi kesejahteraan masyarakat.
2. Guru menjelaskan materi tentang perbedaan antara koperasi dan badan usaha lain.
3. Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa apabila masih terdapat hal-hal yang belum dipahami. Apabila siswa kurang aktif dalam bertanya, guru dapat memberikan pertanyaan secara acak kepada siswa. Dengan demikian, siswa diharapkan lebih aktif dalam proses pembelajaran di kelas.
c. Kegiatan Akhir
1. Guru memberikan simpulan atas materi yang telah dijelaskan dan materi pada bab VIII secara keseluruhan.
2. Untuk menguji penguasaan materi siswa, guru dapat meminta siswa untuk mengerjakan soal uji kompetensi dan lembar tugas portofolio.
5. Alat dan Sumber Belajar
a. Buku Cakrawala Pengetahuan Sosial 4B terbitan PT Tiga Serangkai.
b. Lingkungan sekitar dan gambar lambang koperasi.
6. Penilaian
a. Tes Tertulis (Aspek Kognitif)
Bentuk penilaian tes tertulis dapat berupa pemberian tugas untuk mengerjakan soal uji kompetensi. Guru juga dapat memberikan bentuk tes tertulis yang lain. Bobot soal disesuaikan dengan kemampuan siswa masing-masing.
b. Tes Lisan (Aspek Kognitif)
Bentuk tes lisan dapat berupa pertanyaan yang disampaikan guru kepada siswa di sela-sela mengajar atau saat selesai menerangkan materi pada setiap bab. Bentuk pertanyaan tes lisan, misalnya sebutkan pasal dalam UUD 1945 yang mendukung didirikannya koperasi!
c. Penugasan (Aspek Psikomotorik)
Bentuk penugasan berupa laporan pengamatan. Misalnya, siswa diminta untuk melakukan pengamatan tentang koperasi yang terdapat di sekolah atau kampungnya. Selanjutnya, siswa diminta membuat cerita singkat mengenai sejarah berdirinya koperasi tersebut.
d. Kinerja (Aspek Afektif)
Bentuk penilaian kinerja dapat dilihat pada penilaian sikap di buku Cakrawala Pengetahuan Sosial 4B. Guru juga dapat membuat bentuk penilaian kerja yang lain.
e. Portofolio (Aspek Psikomotorik)
Bentuk penilaian portofolio dapat dilihat pada buku Cakrawala Pengetahuan Sosial 4B bab VIII. Guru juga dapat membuat sendiri format tugas portofolio untuk siswa.
Mengetahui, ..................................
Kepala Sekolah SD ...... Guru Mata Pelajaran
(____________________) (____________________)
NIP. ................................ NIP. ................................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : ....
Alokasi Waktu : 15 x 35 menit
Standar Kompetensi : Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan
kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan
provinsi
Kompetensi Dasar : Mengenal perkembangan teknologi produksi
komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakannya
Indikator : 1. Membuat diagram proses produksi dari kekayaan
alam yang tersedia
2. Membandingkan jenis-jenis teknologi produksi
yang digunakan masyarakat setempat pada masa
lalu dan masa sekarang
3. Menyebutkan jenis-jenis media komunikasi
4. Membandingkan media komunikasi yang digunakan
masyarakat setempat pada masa lalu dan masa
sekarang
5. Menyebutkan jenis-jenis sarana transportasi
6. Membandingkan jenis-jenis teknologi transportasi
yang digunakan masyarakat setempat pada masa
lalu dan masa sekarang
7. Menceritakan pengalaman menggunakan teknologi
produksi, komunikasi, dan transportasi
1. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mendeskripsikan perkembangan teknologi produksi.
2. Siswa dapat mendeskripsikan perkembangan teknologi komunikasi.
3. Siswa dapat mendeskripsikan perkembangan teknologi transportasi.
4. Siswa dapat menceritakan pengalaman menggunakan teknologi produksi.
5. Siswa dapat menceritakan pengalaman menggunakan teknologi komunikasi.
6. Siswa dapat menceritakan pengalaman menggunakan teknologi transportasi.
2. Materi Pokok
Perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
3. Metode Pembelajaran
Tes tertulis, lisan, dan penugasan
4. Langkah Pembelajaran
• Pertemuan Ke-1
a. Kegiatan Awal
1. Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam.
2. Guru menjelaskan bahwa materi yang akan dipelajari adalah perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi.
b. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan pengertian teknologi, perkembangan teknologi produksi, dan diagram proses produksi.
2. Siswa diminta untuk menyebutkan beberapa contoh teknologi produksi pada masa lalu dan masa sekarang.
3. Guru menjelaskan perbedaan antara teknologi produksi pada masa lalu dan masa sekarang.
4. Apabila terdapat hal-hal yang belum dipahami oleh siswa, guru dapat memberi kesempatan siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi tersebut.
c. Kegiatan Akhir
1. Sebelum mengakhiri pembelajaran di kelas, guru memberikan kesimpulan atas materi yang telah dijelaskan.
2. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengamati proses produksi di lingkungan sekitar tempat tinggalnya.
• Pertemuan Ke-2
a. Kegiatan Awal
1. Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam.
2. Guru melakukan tanya jawab dengan siswa seputar sarana komunikasi yang digunakan masyarakat.
b. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan mengenai perkembangan alat dan cara berkomunikasi.
2. Siswa diminta menyimak materi buku Cakrawala Pengetahuan Sosial 4B. Selanjutnya, siswa diminta menyebutkan contoh alat dan cara berkomunikasi pada masa lalu dan masa sekarang.
3. Guru menambahkan contoh-contoh alat dan cara berkomunikasi yang belum sempat disebutkan siswa.
4. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang belum dipahami.
c. Kegiatan Akhir
1. Sebelum mengakhiri pembelajaran di kelas, guru memberikan simpulan atas materi yang telah dijelaskan.
2. Guru memberikan tugas kepada siswa berupa tugas pengamatan. Siswa diminta mengamati dan mencatat teknologi komunikasi pada masa lalu dan masa sekarang yang ada di lingkungan tempat tinggalnya.
• Pertemuan Ke-3
a. Kegiatan Awal
1. Guru membuka kegiatan dengan mengucapkan salam. Guru mengulas secara sekilas materi pada pertemuan sebelumnya.
2. Guru bersama siswa melakukan tanya jawab mengenai jenis-jenis alat komunikasi yang banyak digunakan masyarakat.
b. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan materi jenis-jenis alat komunikasi dengan media berupa gambar yang telah disediakan sebelumnya.
2. Siswa memerhatikan gambar jenis-jenis alat komunikasi yang ditunjukkan guru.
3. Guru menjelaskan contoh-contoh media elektronik yang belum terlalu dikenal oleh siswa. Misalnya, telepon genggam dan internet. Kegiatan ini penting untuk menambah wawasan siswa mengenai jenis-jenis media telekomunikasi, terutama sisi positif dan sisi negatifnya.
4. Selanjutnya, guru menerangkan perbandingan antara teknologi komunikasi pada masa lalu dan masa sekarang. Siswa diminta memerhatikan materi yang sedang diterangkan.
5. Apabila terdapat hal-hal yang belum dipahami oleh siswa, guru dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
c. Kegiatan Akhir
1. Guru memberikan simpulan tentang materi yang telah dijelaskan.
2. Siswa diberi pekerjaan rumah berupa tugas pengamatan tentang keuntungan dan kerugian menggunakan teknologi tradisional dan modern.
• Pertemuan Ke-4
a. Kegiatan Awal
1. Guru memulai kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam. Selanjutnya, guru meminta siswa mengumpulkan tugas pekerjaan rumah yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
2. Guru bersama siswa membahas pekerjaan rumah yang telah dikerjakan oleh para siswa.
b. Kegiatan Inti
1. Siswa diminta untuk membaca buku Cakrawala Pengetahuan Sosial 4B. Materi yang harus dibaca adalah perkembangan teknologi dan jenis transportasi serta manfaat pengangkutan darat.
2. Setelah siswa selesai membaca, guru meminta siswa untuk menyebutkan perbedaan antara sarana dan prasarana transportasi dengan disertai contoh-contohnya. Apabila ada jawaban yang salah, guru dapat mengoreksinya.
3. Guru menjelaskan materi tentang alat transportasi darat. Selanjutnya, siswa diminta menceritakan pengalamannya menggunakan alat transportasi darat.
c. Kegiatan Akhir
1. Sebelum membuat simpulan, guru dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
2. Guru memberikan simpulan atas materi yang baru saja dijelaskan.
• Pertemuan Ke-5
a. Kegiatan Awal
1. Guru memulai kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
2. Guru memotivasi dan mengingatkan siswa agar lebih memerhatikan pelajaran dan lebih giat lagi dalam belajar.
b. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan materi tentang alat pengangkutan air dan pengangkutan udara.
2. Siswa diminta menyimak materi dalam buku Cakrawala Pengetahuan Sosial 4B yang sedang dijelaskan. Selanjutnya, siswa diminta untuk menceritakan pengalamannya menggunakan sarana transportasi air dan udara.
3. Guru menjelaskan materi tentang perbandingan antara alat transportasi pada masa lalu dan masa sekarang.
4. Siswa diminta untuk mengerjakan tugas dalam buku Cakrawala Pengetahuan Sosial 4B. Tugas tersebut berupa pengelompokan jenis alat transportasi pada masa lalu dan masa sekarang.
c. Kegiatan Akhir
1. Guru memberikan simpulan materi pada siswa.
2. Untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap materi, guru dapat meminta siswa untuk mengerjakan soal uji kompetensi dan lembar tugas portofolio.
5. Alat dan Sumber Belajar
a. Buku Cakrawala Pengetahuan Sosial 4B terbitan PT Tiga Serangkai.
b. Gambar alat produksi, komunikasi, dan transportasi.
c. Majalah, koran, atau tabloid
d. Lingkungan sekitar.
6. Penilaian
a. Tes Tertulis (Aspek Kognitif)
Bentuk penilaian tes tertulis dapat berupa soal uji kompetensi. Siswa diminta mengerjakan soal uji kompetensi untuk mengetahui tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang telah mereka terima.
b. Tes Lisan (Aspek Kognitif)
Bentuk tes lisan yang sederhana adalah pemberian pertanyaan secara lisan pada siswa. Misalnya, sebutkan contoh-contoh sarana dan prasarana transportasi!
c. Penugasan (Aspek Psikomotorik)
Bentuk penugasan dapat berupa laporan pengamatan. Siswa diminta untuk melakukan pengamatan tentang proses produksi atau jenis teknologi komunikasi pada masa lalu dan masa sekarang.
d. Kinerja (Aspek Afektif)
Bentuk penilaian kinerja dapat dilihat pada lembar penilaian sikap di buku Cakrawala Pengetahuan Sosial 4B.
e. Portofolio (Aspek Psikomotorik)
Bentuk lembar portofolio dapat dilihat pada buku Cakrawala Pengetahuan Sosial 4B bab IX. Bentuk lembar portofolio dapat dibuat sendiri oleh guru.
Mengetahui, ...................................
Kepala Sekolah SD ...... Guru Mata Pelajaran
(____________________) (____________________)
NIP. ................................ NIP. ................................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : ....
Alokasi Waktu : 9 x 35 menit
Standar Kompetensi : Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan
kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan
provinsi
Kompetensi Dasar : Mengenal permasalahan sosial di daerahnya
Indikator : 1. Mengidentifikasi permasalahan sosial yang terdapat
di daerahnya
2. Menceritakan dampak permasalahan sosial yang
terdapat di daerahnya
3. Mengidentifikasi cara mengatasi permasalahan
social yang terdapat di daerahnya
1. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat menjelaskan jenis permasalahan sosial yang terdapat di daerahnya.
b. Siswa dapat menjelaskan cara mengatasi permasalahan sosial yang terdapat di daerahnya.
2. Materi Pokok
Permasalahan sosial di tengah masyarakat
3. Metode Pembelajaran
Tes tertulis, lisan, dan penugasan
4. Langkah Pembelajaran
• Pertemuan Ke-1
a. Kegiatan Awal
1. Guru memulai kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
2. Guru menerangkan bahwa pada pertemuan kali ini akan membahas materi tentang permasalahan sosial di tengah masyarakat.
b. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan pengertian masalah sosial dan jenis-jenisnya. Masalah sosial yang dijelaskan adalah masalah sosial yang banyak ditemukan di tengah masyarakat, yaitu kemiskinan dan kejahatan.
2. Untuk mendukung penjelasan, guru dapat menggunakan gambar dan artikel dari surat kabar yang memuat tentang masalah kemiskinan dan kejahatan.
3. Siswa dibagi menjadi empat kelompok dan diberi tugas untuk mengidentifikasi permasalahan sosial yang terdapat di daerahnya, seperti kemiskinan dan kejahatan. Selanjutnya, siswa diminta untuk mendiskusikan permasalahan sosial tersebut. Kelompok 1 dan 2 mendiskusikan masalah kemiskinan, sedangkan kelompok 3 dan 4 mendiskusikan masalah kejahatan.
4. Guru meminta siswa untuk mengemukakan hasil diskusinya di depan kelas. Selanjutnya, guru memberikan komentar, mengoreksi, dan menambahkan hal-hal yang penting dari hasil diskusi siswa.
c. Kegiatan Akhir
1. Guru memberikan simpulan dari materi yang telah dijelaskan.
2. Siswa diberi tugas pengamatan tentang penyebab dan akibat dari kemiskinan terhadap masyarakat di sekitar tempat tinggalnya.
• Pertemuan Ke-2
a. Kegiatan Awal
1. Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.Guru menanyakan tugas pengamatan yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
2. Guru membahas hasil tugas pengamatan yang telah dikerjakan siswa.
b. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan materi tentang masalah kependudukan dan masalah lingkungan. Untuk mendukung penjelasannya, guru dapat menggunakan gambar atau artikel tentang masalah kependudukan dan masalah lingkungan.
2. Siswa dibagi menjadi empat kelompok untuk mendiskusikan masalah kependudukan dan lingkungan yang terdapat di lingkungan sekitar mereka. Kelompok 1 dan 2 mendiskusikan masalah kependudukan, sedangkan kelompok 3 dan 4 mendiskusikan masalah lingkungan.
3. Setiap kelompok diminta untuk mengemukakan hasil diskusinya di depan kelas.
4. Guru memberikan komentar dan penguatan dari hasil diskusi siswa. Guru dapat menambahkan hal-hal penting yang belum dibahas dalam diskusi siswa.
c. Kegiatan Akhir
Guru memberikan simpulan atas materi yang telah dijelaskan dan didiskusikan oleh siswa.
• Pertemuan Ke-3
a. Kegiatan Awal
1. Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam. Guru mengulas kembali materi pembelajaran sebelumnya.
2. Guru dan siswa melakukan tanya jawab singkat seputar materi permasalahan sosial.
b. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan materi tentang berbagai cara untuk mengatasi permasalahan sosial. Permasalahan sosial perlu segera diselesaikan agar tidak mengganggu kenyamanan hidup anggota masyarakat.
2. Siswa diminta untuk memerhatikan dengan saksama materi yang sedang dijelaskan dengan cara menyimak materi buku Cakrawala Pengetahuan Sosial 4B.
3. Guru menjelaskan kepada siswa tentang bahaya rusaknya lingkungan bagi kehidupan manusia. Dengan demikian, siswa diharapkan memiliki sikap kepedulian terhadap kelestarian lingkungan di sekitarnya.
c. Kegiatan Akhir
1. Guru memberi kesempatan siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dimengerti. Selanjutnya, guru memberikan simpulan atas materi yang telah dijelaskan.
2. Siswa diminta untuk mengerjakan soal uji kompetensi dan lembar portofolio.
5. Sarana dan Sumber Belajar
a. Buku Cakrawala Pengetahuan Sosial 4B terbitan PT Tiga Serangkai.
b. Surat kabar, tabloid, atau majalah.
c. Lingkungan sekitar.
6. Penilaian
a. Tes Tertulis (Aspek Kognitif)
Bentuk penilaian tertulis dapat berupa soal uji kompetensi. Penilaian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang telah diberikan oleh guru.
b. Penugasan (Aspek Psikomotorik)
Bentuk penugasan dapat berupa tugas pengamatan tentang permasalahan sosial yang terjadi di lingkungan sekitar siswa.
c. Kinerja (Aspek Afektif)
Bentuk penilaian sikap dapat dilihat pada buku Cakrawala Pengetahuan Sosial 4B. Siswa diharapkan dapat mengemukakan pendapat atas pernyataan-pernyataan yang berhubungan dengan permasalahan sosial.
d. Portofolio (Aspek Psikomotorik)
Bentuk lembar portofolio dapat dilihat pada buku Cakrawala Pengetahuan Sosial 4B bab X. Bentuk lembar portofolio dapat dibuat sendiri oleh guru.
Mengetahui, ...............................
Kepala Sekolah SD ...... Guru Mata Pelajaran
(____________________) (____________________)
NIP. ................................ NIP. ................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar